Project Analisa Ads untuk Brand : Campaign, Strategy, Communication, Activation

Assalamualaikum sahabat whitecyber semua …

Kali ini kita akan membahas tentang PERIKLANAN. Meskipun ada banyak cara namun kita akan mengulas dan menganalisanya semoga bermanfaat.

Kalau iklan kita tidak memiliki kemampuan stopping, yaitu menghentikan orang yang lagi sibuk ngapain gitu terus gak berhenti buat lihat iklan lu berarti lu gak punya stopping power. Terus yang kedua striking power begitu udah stop harus Strike supaya dia message-nya masuk gitu. Nah yang terakhir sticking Power message itu gimana caranya dikasih elemen supaya ingat terus.

Campaign brand itu kan harus ngerti perilaku konsumen kan Iya dong itu poinnya yang jadi masalah adalah ketika mungkin market tuh lagi ke sini ya entah itu doyannya perilakunya pembeliannya apapun itu bentuknya ya lagi ada di sini nah agegeny gimana caranya bisa ngebawa brand Yang lain sudah pada ke sini tahunya kita ke sini sendirian Ternyata pencapaiannya mungkin awarness sales dan lain sebagainya enggak ngejar nah itu yang masih ya masih menjadi perhelatan dan menjadi masalah. 

Advertizing ada 3 zaman :

zaman ya zaman gitu zaman pertama tuh zamannya dulu Advertising itu sifatnya atau Inception jadi kita lagi asik-asik Eh activity nonton film du kan belum Adam ya He tahu-tahu diinterupsi Oh tahu-tahu iklan tahu-tahu iklan i ya ya terus kita enggak bisa mau ganti channel Waduh ya tontonannya ada di channel itu kan enggak bisa ganti gitu interupsi gitu nah waktu itu karena medianya teknologinya memang cuman satu gitu ya ya TV yaitu channel juga belum banyak mau enggak mau nurut kan sama interupsi itu oke nah itu akhirnya waktu itu Advertising itu yang namanya disiplin ilmu periklanan itu adalah gimana caranya ya bikin iklan buat nginterupsi aja isinya mau gimana Enggak usah terlalu dipikirin Nah itu Era pertama tuh Advertising oke terus masuk ke era

kedua era kedua itu masuknya adalah eh membuat sebuah Story tapi manipulatif ah bukan bukan beneran gitu bohong dong ya kan iklan memang bohongan kan ada B iya iya juga ya Ada sosok Bapak sosok ibu gitu kan tapi mereka sebenarnya Talent kan gitu terus ceritanya juga dia e mengada-ngada kadang-kadang lebai hiperbola dan sebagainya Nah itu masuk ke era berikutnya nah di situlah era di mana Advertising tuh berlomba-lomba berkreatif, jadi Wah bikin cerita udah kayak ini apa E perasaannya udah orang-orang agensi itu udah kayak orang film oh film pendek lah ya Iya film pendek bikin cerita S sedramatis mungkin dan segala macam gitu nah tapi orang tahu itu itu bohongan gitu kan heh jadi itu masuk iklan tuh eraera manipulatif pada saat itu tuh ya itu era era tahun ’90-an lah ya kayak gitu ya jadi kita enjoy sama ceritanya tapi kita tahu tuh bohong gitu kan ah nah sekarang kita berada di era yang bukan yang pertama bukan yang kedua yaitu era

ketiga sekarang ini yaitu era otentik Oke jadi kalau kita bikin konten sekarang ini atau bikin sebuah iklan itu kalau enggak otentik ada unsur manipulasinya udah enggak laku orang udah enggak percaya contoh contoh ya Misalnya ee bikin iklan gitu Ya bikin konten terus tiba-tiba kayak Oh berantem nih gitu kita gak tahuah apa macam-macam gitu rebutan apa rendang misalnya gitubutan apa gitu berantem t Wah dikira beneran ni berantem kan e ujung-ujungnya Ternyata begitu konten kesekian Oh ternyata itu mereka mempromosikan produk bumbu bumbu masak misalnya. Oh gua pernah nemu ini yang viral e ada orang desak-desakan di bsway atau bisl tiba-tiba dia ada di level ada nyangkut di atas sudah kerumunan orang udah pada di bawah tuh lagi megang-megangan bis kan gini kan dia di atas nyangkut tuh karena maksain mau masuk ujung-ujungnya dia call to action ke halodg atau apa gitu ya bisa ada video berikutnya ada klarifikasinya I itu itu itu tentang keramanya dia panik nih orang terus diomongin orang tuh kayaknya Maksa banget sih mau naik bus kayak gitu Lihat dong itu Hargain dong bayar dong lewat bawah dong gitu-gitu kan maunya gratisan diomongin tuh memang itu viral tuh tapi habis itu ternyata iklan iklan berarti ternyata itu aktor dan dan pemain kan gitu Yang dihire g Oh Talent Talent kan Nah begitu ketahuan Oh ini ternyata Talent ternyata aktor ya orang jadi yah Kemarin gua ke-prank dong berarti iya gitu Iya i i i i ngapain gua repot-repot baper nih lihat kontennya itu ternyata gua diprank kan gitu. Nah itu udah udah udah enggak mempan sekarang artinya sekarang netizen khususnya ya masyarakat itu menuntut konten yang otentik. Lu mau ngomong tu harus pure value lu apa message-nya apa itu pure enggak mengada-ngada enggak dibuat-buat ya asli. gitu Wah susah ya ini nih Nah ini yang yang yang yang sekarang jadi tuntutan dan itu sekarang sensitif sekali e ada unsur yang dipelintir sedikit aja tuh bisa sensitif gitu kalau sekarang karena kita sudah ada di era era sekarang kan sosial media digital platform yang yang inklusif lah gitu He nah jadi ini yang yang yang mesti dicermati perubahan dari satu era ke era

Berikutnya ini terjadi transformasi mindset besar-besaran loh Hm gitu nah Pak B itu menurut saya salah satu orang yang bisa berenang dari era yang pertama sampai era yang terakhir itu berenang di lautan Advertising tuh dan branding dan marketing ya tentunya he itu baik-baik aja gitu padahal banyak orang yang pemain di era sat itu di era dua aja udah udah obsolid gitu udah udah enggak nyambung di era yang kedua ke era ketiga apagi gitu kan yang biasanya bikin iklan dibikin-bikin ceritanya enggak peduli orang responnya apa tiba-tiba begitu di era ketiga lu bikin message enggak otentik dikit aja Wah yang respon banyak gitu heem Yang viral kita Maksudnya mau viral a enggak tahya diviralin b gitu yang bukan yang kita mau gitu I Nah itu kan era ketiga tuh kontrolnya bukan lagi di tangan si market gitu kan Nah ini yang ee apa namanya saya lihat e Pak B si itu bisa bisa bisa seperti itu gitu ya oke nah terus untuk gimana caranya biar bisa bertahan perpindahan kita tahulah kalau zaman tv kan ee sama sekarang mungkin gayanya beda ini antara Ads kali ya

Ya enggak tahu ya koreksi kalau gua salah Mas kan tadi ada apa Yang pertama apa E era yang pertama interupsi ya interupsi diinterupsi lagi asik-asik nonton tiba-tiba iklan ya Ya elah iklan gitu ya kalau zaman sekarang udah ggak kena tuh I enggak sih makanya tv itu benbonong-bonong gua UD surupan sama media ya karena mungkin gua dari orang broadcast Eh ada satu e rundown di di di di di acara gitu ya TV eh dan kebetulan gua juga menjadi jurnalis di situ atau Talent atau host apa segala macam itu jadinya diinjject atau ditambahin digemukin sama yang namanya Hooker untuk ngakalin seperti itu Jadi mauak mau mau orang-orang broadcast juga PR tuh dikasih Hooker nge-hook jadi enggak cuma sekedar Ee gimana kelanjutannya kita akan kembali setelah pesan-pesan berikut ini enggak cuma gitu tapi sekarang ya mau enggak mau effort tuh gara-gara ngakalin gimana caranya musuhnya adalah udah tahu kalau y iklan gua tinggal-tinggalin aja Kapan aja gitu kan Iya diganjal tuh Oke kira-kira Siapakah orang yang pernah berjasa di balik topeng ini buat Raffi Ahmad kita akan bongkar isi topengnya mukanya kayak gimana setelah yang satu ini misalnya Git ah itu hooker g kan orang TV kadenang ngakalinnya seeffort itu gitu loh gimik ini gimik ini biar ngeganjel sebelum iklan biasanya nah ee kalau sekarang udah beda ya kalau sekarang gua coba ngasih satu ilustrasi di Instagram itu lagi asik-asik Scroll Scroll Scroll iklan Itulah namanya Facebook Ads atau IG Ads ya berarti Ads itu udah enggak ngefek dong ya bedanya kan dulu di TV sekarang di home.

Iya di home Iya kan Makanya Alasannya kenapa Pak Bi juga enggak pernah pakai Ads kan Ya I itu salah satu Apakah ini bagian nih ini penting ni kita ilmu nih teman-teman jadi kalau udah kayak gini berarti Ads Enggak penting dong Nah jadi kayak gitu kan gara-gara Kayak udah dipaksa diinterupsi bahwa kayak eh iklan sekarang gua tanya deh Coba gua tantang nih lualu kalau lagi Scroll ketemu iklan kita ngomong mayoritas ya gua enggak bilang semua ya paling banyak lu Scroll apa lu lewatin atau lu pantengin apalagi udah ada tulisan ya sponsor Iya kan I nah ini gimana nih fenomenal kita masih bahas satu persatu dari Advertising dulu nih Mas terkait ads ya Ya ngiklan gimana tuh mas ya Ee ini balik lagi ke strategic planning ya Jadi kalau kalau gue sama Paki tuh

strategy planning Nomor satu lah gitu He Oke jadi artinya kalau iklan dulu itu sifat interupsi kalau tadi yang lu ceritain kan jadi kayak ini kan kayak kita harus mengiklankan sebagai itu tadi kan harus mengiklankan si iklan itu supaya ditonton orang Iya maksa jadinya Lah kok jadi iklan fungsinya harusnya dia ditonton orang untuk mengiklankan sesuatu Jadi lo sebagai pembawa acara jadi harus mengiklankan si iklan ini supaya ditonton dengan kan lucu gitu Gila gila gila kebuka banget pikiran gue mengiklankan iklan iya juga ya Iya ngapain lu repot-repot mempromosikan supaya iklan ditonton Kan lah kan jualan gimana ya biar biar dibeli Mas ya jadi si si iklan ini jadi beban dong jadi jadi liabilities dong jadi bukannya membantu mempromosikan tapi udah enggak efektif lagi sampai iklan ini harus diiklanin supaya orang mau nonton kan Wah Gil kan itu kan udah udah udah yang artinya udah enggak relevan lah gitu.

Ya gua sih enggak ng Ada Yang Salah siapa Salah siapa yang benar tapi ini artinya eranya sudah enggak cocok gitu dengan pola ini gitu Itu tadi karena era sekarang kita ada di era semua serba on demand ya kan jadi semua itu bukan lagi demand ngikutin struktur apapun yang ada di situ ya struktur media struktur infrastruktur apapun pelayanan Nah itu eh apa namanya Eh sekarang semua harus ngikutinan jadi misalnya kalau dulu kita nonton e Masik kan zaman kita dulu kalau hari Kamis itu Jam .00 sore airwolf gitu tahah Kalau hari Jumat sore megiver gitu tahulah kita enggak bisa ganti tu Jumat sore gua enggak mau ma guiver gua mau ganti yang lain enggak bisa jam 8.00 pagi hari Minggu Doraemon kan Iya Doraemon betul jadi kita seragam tuh iya ya kan Diman ini seragam karena demandnya Follow the structure Nah kalau sekarang strukturnya ngikutin Deman meskipun udah dikasih tahu ini bakal tayang di jam 8.00 pagi jam .00 sore gitu tetap aja kalau memang dia enggak butuh enggak akan nyamperin tuh enggak akan nyamperin atau ya gua kalau gitu gua nonton Yang Nanti aja L ee runnya aja L nanti Oh iya sekarang Ah ada tayangan ulang dan ada tayangan ulang Nanti gua nonton yang highlightnya aja lah enggak usah repot nonton full versionnya nonton yang potongan-potongannya aja L yang oh iya lapor Pak sering gua tontonnya di FP sih sebenarnya bukan ditonton di TV semua karena semua udah on demand jadi jadi yang sekarang the power-nya ada di di masyarakat di customer ya di netigen ini kontrolnya ini yang dimaksud sama

Pak itu antara branding sama selling bukan sih kayak selling itu e sebuah brand yang maksa untuk mendekat ke konsumen jadi ya pokoknya kita kayak Ya udah nge-push ngush tapi dengan branding konsumen datang ke kita gitu loh betul uh mirip-mirip eranya begitu sekarang ya udah begitu berarti udah enggak berlaku dong Kan katanya ada yang bilang kalau mau lancar penjualannya Lu harus di lokasi yang strategis ya kan dikasih harga-harga yang menarik Nah berarti kan terus fenomenal terjadi dengan ruko-ruko masih jual sewa harga tinggi gara-gara lokasi strategis itu tolak ukur strategis itu kan masih berjalan jangan-jangan ya balik lagi ke soal Ads tadi ya kalau Ads itu kalau kalau kalau gua berpikir Ads itu sekarang sifatnya format aja gitu jadi enggak enggak harus pasang iklan supaya supaya rame Lu kebetulan mau pakai format Ads atau format konent organik itu tinggal format yang dipilih tapi secara konten atau secara muatan message di dalamnya cara emasnya nah itu yang harus disesuaikan dengan era sekarang jadi enggak bisa lagi lu bikin cerita manipulatif atau enggak bisa lagi lu begikitu iklan langsung brandnya nongol duluan hm begitu brand nongol duluan orang langsung tahu oh nih mau mau mau jualan nih gitu Iya Bukan lagi brand yang nongol duluan tapi yang nongol duluan urgensinya uh berat juga ya ngasih urgensi ber apa biar dia tertantang bukan jadi kesal ya urgensi itu ee jadi yang apa sih Isu apa sih yang bikin orang merasa ini konten ada urgensinya gua tonton atau

gua harus tertarik dengan konten ini atau dengan iklan ini itu di 3 detik pertama Oke menjadi kuncinya di situ kalau dia gak suka swipe kalau dia ya Bukan masalah suka enggak suka dia merasa Oh ini ggak penting nih urgensi gua ggak ada nih nonton ini yawipe lah Uh jadi ses di situ karena on kan dulu pun Apakah sama perilaku atau mungkin strat ihya agency di zaman ngegedein brand zaman dulu Nah ini kan pas banget yah ee bokupnya Mas Dion Pak Bi gitu ya kan itu kan era yang dulu jadi ada dua generasi nih nah kita kita kumas aja lah meskipun tadi kan Mas juga sudahudah bilang bahwa Pak Abi ada di banyak generasi bisa masuk ke segala arah gitu ya I Enggak patah gitu nah Artinya gimana perubahannya dulu sama sekarang apakah Pak B juga melakukan hal yang sama detidetik pertamanya di iklan ya ya Jadi kalau Pak bi dia pun ini kan sebenarnya teorinya Pak Bi Nih asal muasalnya di dunia Advertising pun penemunya Pak B ini di mana Di tiga detik pertama harus ada stopping power terus kemudian detik berikutnya ada striking Power di detik terakhir ada sticking Power itu Tadinya enggak ada teori itu Pak Abi yang buat jadi Pak Abi sudah menggunakan apa logika era sekarang di era zaman dulu jadi memang visioner banget sih ini bokap guaet ya emang visioner banget di mana waktu praktisi Advertising pada saat itu semuanya masih berlomba-lomba untuk masalah artistik jadi iklan tuh depannya enggak jelas enggak apa-apa yang penting indah ya yang penting keren malas tuh gua nontonnya tuh D kan gitu semua iklan I tahu cuma kan kalau pas dipikir-pikir sekarang tuh enggak ada urgensinya ngapain gua nonton ya esok sorat awan dulu kan awan dulu pemandangan terus kemudian ada orang nari misalnya belum ada mesage tuh Pokoknya estetika aja dulu gitu kan artistik baru nanti ujungnya baru brandnya belakangan

I Nah kalau itu kita terapin ke sekarang ya orang langsung udah diswipe lah sama orang apaan nih gitu loh Paki udah pakai di era sekarang yang katanya anak-anak Hook Misalnya tiga detik pertama gitu Sting power dulu istilahnya Pi jadi ternyata udah ada ya udah dan Pak Bi juga nih gua agak keluar topik dikit ya Pak Bi juga nemuin istilah key visual ya key visual Pak Bi yang gua pakai sekarang dikasih solusi kan anak-anak grafic designer gitu kan me key visualnya nih tahu ni anak agency nih Itu pak Bi juga katanya ya teorinya

Pak Bi aslinya malah ada tiga harus ada key visual key sound sama keywords sebentar sebentar ini ada teori power sama teori key ini teori power tadi apa tiga juga kan stopping Heh stopping power tuh di awal Heeh kalau iklan lu enggak punya kemampuan stopping membuat orang berhenti tep orang lagi sibuk ngapain gitu terus enggak berhenti buat lihat iklan lu berarti lu enggak punya stopping power Terus yang kedua striking power itu apa begitu udah stop nah ini mau DII apa nih persepsinya konsumen persepsinya audiens mau DII apa Nah itu harus nyerang harus ng-estrike angan tiba-tiba udah stop eh enggak ada isinya gitu harus harus Strike supaya dia message-nya masuk gitu Nah yang terakhir sticking Power message itu gimana caranya dikasih elemen supaya ingat terus jadi udah engak lihat iklan itu lagi besok masih ingat minggu depan masih ingat oh nanti kita bedah tuh ya saya mau anda detail

Power Power itu bisa diterjemahkan secara visual berarti harus ada key visualnya apa nih yang menghasilkan stopping power tadi yang menghasilkan sticking power tadi striking power tadi itu Key visualnya apa kalau mau pakai visual harus ada key visualnya Oke dan key visual ini harus dipikirkan secara psikologis ke perilaku konsumen pengaruhnya apa Apakah membuat mereka jadi khawatir Apakah membuat mereka jadi berharap itu harus dipikirin semua gitu jadi key visual namanya jadi bukan cuma sekedar apa ya visualnya Oh ini aja deh gambar pohon ya tapi pohon itu maknanya apa gitu itu harus dipikirin bukan cuma sekedar Oh gambar pohon terus dibikin Indah Keren ya di pakai e supay Ken gitu enggakak cuman itu ya pohon jenis itu Apa maknanya buat audiens Kenapa harus pilih itu waduh key sound suara apa nih yang bikin orang itu e berhenti dengar suara apa stopping power kan misalnya Oh Jangan pakai visual deh pakai sound aja ya berarti pakai key sound Oke stopping power-nya pakai audio apa pakai sound apa Oh jadi boleh milih ni dari tiga ini boleh milih boleh digabungin boleh tiga-tiganya apa tadi yang di key dulu key visual sound key keywords keywords kalau kata-kata ke kata-kata Oh tapi tiga-tiganya kalau ada dalam stopping power juga enggak masalah enggak masalah kata-kata disertai dengan suara kan jadi nyanyian Heeh jadilah jingle misalnya Iya bila Anda ngantuk nah iyaet Tetet Nah itu tetet Tetet berarti key sound untuk stoppingnya iklan Kopiko pada saat itu jadi begitu orang dengar tet tet Tetet sudah langsung wah ini Kopiko nih gitu kalau dia enggak ngerti sound dia cuma bisa ke penguatannya dalam arti Words sama visual bisa juga bisa juga nyetopin orang nyetopin orang Oh dengan teriakan What misalnya I Tapi biasanya kalau hanya visual berdiri sendiri untuk stopping biasanya kurang kurang kuat karena kalau misalnya orang lagi enggak ngelihat stopping power visualnya Muncul 3 detik pertama orang lagi meleng gitu misalnya lagi ngurusin anak gitu lagiwapin Anak udah hilang Tuh Oh tapi kalau suara mau lagi ngapain tiba-tiba ada suara ledak u kan langsung nengok gitu berarti kan enggak harus musik atau jingle kalau Soalnya takutnya dia enggak ngerti nyusun aremamp segala macam kan berarti bisa sound yang penting ya bisa suara bisa alarm bisa sound effect ya bisa suara binatang apa aja alam gitu-gitu ya Oh yang penting relevansinya dipikirin

Oke kita bedah dikit baru nanti kita bahas mengenai Pinball tadi menarik Ya gimana cara lu bikin konten terus diomongin sama orang-orang si Wah viralviral tuh dengan tapi dengan isi dengan makna tajam kita bahas yang bedah ini dulu Mas ee dari stopping power ini kan ini kan kita ngomong Advertising ya Anda kan pakan Advertising lah stopping ini kan berarti kan diisi visual yang paling oke itu gimana e carayasar kepada perilaku konsumen yang tepat yang sesuai dengan brandnya soalnya cuma bikin kaget doang kan nyetop sih cuma enggak ada powernya tuh takutnya gitu kan enggak ada maknanya enggak ada kesannya enggak ada apa nih gitu cuma kayak takutnya ngelengok Apaan sih gak jelas nah jadi kayak gitu tuh nah satu persatu sama tadi e striking striking striking staking saking terakhir nempel boleh dibedah enggak Lebih Detail Ya semua pemilihan elemen-elemen ini gitu ya itu semua gak bisa lepas dari penguasaan pengetahuan tang perilaku konsumennya jadi pada saat kita mau bikin bisnis kan kita harus bikin segmentasi dulu tuh terus baru kita target betul ya kan jadi segmentasinya ini harus kita kita bedah dulu harus kita pilih dulu mau disegmentasi berdasarkan apa kalau teorinya kan pilihannya macam-macam ada demografis ada geograis pychograis behavior gitu ya misalnya mau menyasar secara demografis secara umur misalnya E gua mau audiens gua ananak muda semua bukan orang-orang tua ya berarti pilih key sound tadi misalnya key sound untuk stopping power pilih sound yang itu menjadi relevan dan ATT attra buat si yangmen yang muda tadi kalau dikasih sound yang memang ternyata ngasal enggak bisa ngebidik kepada anak-anak muda ya enggak ya enggak sesuai Iya tahunya misalnya ke orang tua misalnya enggak masuk tuh enggak masuk Nah ee itu kalau yang sesimpel tadi ya sesimpel Oh anak muda sukanya apa sukanya ini ya udah kasih suara yang sesuai dengan kesukaannya dia gitu Iya nah yang lebih dalam lagi adalah kita mengkombinasikan Beberapa elemen segmentasi jadi demografis usia misalnya digabungkan dengan gender misalnya Jadi ketahuan Oh ini segmennya muda perempuan atau laki-laki gitu ya terus kemudian di di di ini lagi apa digabungkan lagi dengan segmentasi berdasarkan ee perilaku hobinya Apa sukanya apa olahraga misalnya sukanya olahraganya apa

Semakin spesifik semakin bagus sebenarnya karena kita jadi bisa paham nih perilaku konsumennya apa nah pada saat kita paham terus kita pilih elemen key visual itu kita bukan cuma sekedar bikin stopping power tapi bisa jadi stopping power itu sekaligus sticking power karena saking kuatnya jadi pi juga bilang nih bisa satu hal aja tuh bisa merangkum tiga-tiganya jadi sesuatu itu bisa ng-estop jadi dia langsung attention-nya langsung berhenti gitu ya langsung ngelihatin bisa juga striking langsung mengandung message di dalam elemen itu Dan Terakhir terngiang-ngiang terus con butuh sekali tapi terngiang-ngiang terus itu pakai apa tline biasanya enggak juga Eh bisa macam-macam itu soalnya di Rana call to action kan betul bisa bisa macam-macam bisa call to action Eh bisa bisa t Line ya keywords tadi kan kalau misalnya t Line berarti keywords kopy gantinya ngopi gantinya ngopi satu lagi dari Mayora ah itu kan jadi nginget-nginget tuh ya jadi nginget-nginget terus ee indomi Seleraku gitu ya Iya pabi juga tuh P Abi semua makanya Pi ee kayak gitu semua bentuknya kan iklannya dulu karena rumusnya itu nah sebenarnya rumus itu relevan dengan gaya sekarang 3 detik kalau enggak ada sesuatu diwipe ya ya harus diajar kan gitu oke dan di striking itu juga

Sama ya begitu misalnya contoh rumus sekarang kan apa yang message lu pengin ee lu tunggu-tunggu atau lu dapat gitu ya Sampai akhirnya ada satu kata atau mungkin sesuatu yang pengin Lu tunggu juga di akhir kan gara-gara tengah-tengah video tuh lu akan mantengin kan Nah makanya rata-rata konten kreator zaman sekarang tuh apaakah nyambung nih Mas Dia bilang katanya kalau pengin tahu lokasinya Nanti gua spill di akhir video misalnya atau kalau mau tahu kira-kira Berapa harga makanan ini nanti gua kasih tahu entar terus juga dibahas dulu sama dia tuh dia kupas ini dulu kupas ini dulu gitu itu bagian dari striking enggak itu menunda kan delaying jadi e dengan menunda menunda revealing revealingnya ditunda gitu ya berharap bahwa orang akan semakin penasaran kan biasanya gitu tuh kayak kayak zaman dulu kalau kita nonton Eh apa magiver misalnya gitu ya he e terus hari Jumat suh begitu dia jatuh dari atas gitu set eh bersambung enggak tahunya kita harus nungguin sampai minggu depan kan He itu wah semakin kita nungguin begitu udah hari Rabu hari Kamis Kita tungguin tuh aduh MF mati enggak ya Gitu kan begitu sampai hari Jumat Ternyata begitu dia jatuh Oh ternyata dia buka parasut gitu Kanah kir Tapi itu kan dulu era itu memang kita di-drive oleh structure tadi demandnya dirive oleh demand Follow the structure jadi kita kita rela-rela kita rela untuk nunggu seminggu untuk tahu tuher akhirnya mati atau enggak Iya sekarang udah enggak bisa kayak gitu jadi Eh sekarang itu audiens sudah Enggak sabaran karena on demand tadi ya mau udah Enggak sabaran maunya simpel Jadi kalau misalnya bikin konten yang EE Nanti gua spill nanti ya gitu ya Tergantung kalau audiensnya sabar mau nungguin sih Oke kalau enggak kalau enggak sabar terus gimana jaminannya kalau gitu videonya enggak ditonton sampai akhir dong Lah iya kalau misalnya enggak sabar misalnya enggak ditonton sampai akhir Apa sih nih gitu ya dia langsung kan orang macam-macam nih scrolling Ada yang lagi scrolling cepat gitu Ada yang lagi santai pelan scrolling lihat satu-satu lagi ya lagi ada waktu aja gitu kebetulan kan kan beda-beda nih tiap orang perilakunya Oke ng-escrolling jadi ng-escrolling orang istilah nge-escrolling tu enggak sama mah ada yang nge-srolling cepat ada yang nge-scrollingnya pelan ada yang nge-escrollingnya ya Ee targeted gua lagi nyari konten yang terkait dengan yang lagi gua cari Nah ini kan kita harus tahu gituul harus tahu kita mau target ke orang yang mana nih gitu kalau orangnya yang scrollingnya santai Nah bisa tuh pendekatan tadi e Nti gua spillnya di belakang Oh dia lagi santai juga oke gua tungguin Gitu nonton sampai habis gitu nah jaminan untuk dia nonton sampai habis juga sebenarnya Ee gimana cara kita punya ilmu di call to action ya nya i kan ee karena Ee gimana caranya konsumen itu terpanggil untuk melakukan aksi nonton AKSI nungguin aksi beli aksi follow dan seterusnya gitu ya

Nah ee Ini gimana bikin mereka tuh terpanggil sementara kita bikin konten tuh ya kayak tadi tiba-tiba di pertengahan ah Boreng ah ah bosan ah berarti kan harus diganjel ya kayak begitu-begitu ya Ee kan harus menyasar kepada psikologis hormon-hormon yang lagi kita pikirkan gitu triknya Ada enggak sih Mas Ya ya ada Jadi kalau kita sudah paham perilaku konsumen Heh kita bisa ma mapping tuh kita bisa tahu kita bisa bisa bisa paling engak mendeteksiah itu nyambung sama neurosains yang ada di kepala kita nyambung terkait agar Gimana caranya orang itu terpanggil untuk melakukan aksi call to action gitu loh Iya itu kan konten konten-konten seperti itu lu bikin konten 1 menit kalau ternyata mungkin dari isinya lu enggak terpanggil tadi ah swipe ini kita ngomongin Advertising ya Iya sama kan Kay Tadi kan udah ngarah terus produknya tiba-tiba muncul Lah terus produknya tiba-tiba ada lah ah elah iklan ternyata swipe sekarang tuh erahnya udah ngebut banget loh Nah trik-trik seperti itu gimana cara ngakalin neurosins atau mungkin alam bawa sadar sehingga dia tuh terlena terpancing kayak ah kesel kesel kesel gitu kan ya okelah ya siap gua beliah itu kan susah banget ya Iya betul Gimana mas rumusnya ya kalau diperhatiin sebenarnya semua serba viral gitu ya yang viral yang Wah orang tuh berbondong-bondong orang ngarin orang ini segala macam itu semua berkaitan dengan satu hormon sebenarnya Hah horm hormon horm Hormon yang membuat semua orang itu berbondong-bondong gitu ya fomo lah merespon kepada sesuatu yang viral itu hormon kortisol kortisol kortisol Oke tugasnya apa tuh hormon hormon kortisol tuh Eh gua Bukan dokter ya tapi tapi ee secara umum secara pengetahuan umum kortisol itu hormon yang yang yang dia memberikan ee perasaan stres ya atau marah marah gitu jadi jadi itu yang yang yang di yang yang harus harus dilibatkan ya hormon itu harus dilibatkan kalau kita mau itu tadi orang mau nungguin karena orang dia merasa kesal nih gitu Iya oke oke iya terus Apa nih Apa nih Apa nih gitu kan Apa nih Apa nih he jadi kesal dan kalau misalnya enggak kesampaian tambah kesal dia makin makin nafsu gitu kan makin Oh nafsu akhirnya.

Wah gua enggak nemu juga gua cari deh sendiri konten Wah gitu kan jadi demi untuk mendapatkan jawaban gitu nah jadi semakin kortisol itu dilibatkan semakin call to action itu terjadi Oh berarti harus bikin dia marah dulu ya ya ya enggak harus bahasa kasarannya gitu maksudnya bahasa kasarnya gitu tapi bukan berartius dibikin jadi ngamuk-ngamuk dibikin jadi maki-maki enggak juga jadi artinya dibikin secara baah sadar tadi atau secara emosi itu ada suatu rasa yang Aduh ini kok gua kok apa pengin tahu tapi kok enggak dapat sih gitu Nah itu ada enggak contoh-contohnya apa ya Misalnya iklan-iklan yang rasa-rasa Wah kesal dia biasanya mungkin ngaruh enggak sama Ee urgensinya Kita enggak dapat ee produknya misalnya atau produk ini terbatas misalnya atau produk ini cuma bisa dibeli dari tanggal sekian sampai tanggal sekian misalnya atau produk ini ee kalau misalkan beli sekarang harganya segini tapi kalau Senin harga naik misalnya Ba bisa itu kan daya rangsang marahnya tuh naik ya wah gila udah malam nyuruh-nyuruh gua ke ATM juga loh kayak gitu-gitu kan kalau enggak gua enggak dapat nih itu bagian dari e terserangnya hormon kortisol enggak sih i itu itu menyerang hormon kortisol Tapi itu kan pendekatannya tadi scarcity ya kelangkaan heh heh jadi itu keterbatasan ee inih cuma terbatas doang cuman sampai hari ini doang besok udah enggak ada lagi besok harga normal kayak gitu-gitu kan itu kan ee e scarcity gitu artinya karena orang merasa Oh ini langka Jadi gua harus buru-buru gitu kalau enggak dapat Gua kesal nah tapi kan ini juga hati-hati gitu karena jangan sampai ini juga berkaitan sama operasional J Kayak misalnya ee itu tadi gua harus apa tadi harus ke ATM misalnya buru-buru malam ini juga berarti kan ee jadi secara layanan Git atau secara servis itu jadi sesuatu yang yang enggak menyenangkan kan buat konsumen gitu Hm jadi kok jadi ribet sih Kok jadi ini sih gitu kok jadi di diribetin sih konsumennya gitu nah itu juga harus dipikirin kalau gua lebih suka bukan ke situnya itu kan pendekatan selling ya He tapi pendekatannya Adah lebih kepada mengangkat Apa sih yang sudah menjadi kekhawatiran atau menjadi eh concern dari si masing-masing konsumen ini makanya kita perlu pahami mereka gitu he jadi apa sih yang selama ini sudah mereka mereka apa sih hal yang bikin mereka gampang mudah tersinggung tuh gitu yang udah ada aja

Ngapain kita bikin baru Oh manfaatin aja ya Misalnya ee tersinggung kalau misalnya ngelihat ada orang tua diperlakukan semena-mena misalnya itu sudahudah ada di bawah sadar semua orang kan iya i melihat anak kecil dianiaya itu kan hal-hal seperti itu sudah ada di di bawah sadar ya Ee yang bikin orang itu marah Nah maksudnya kita tinggal tinggal melihat ya Enggak enggak harus itu ya itu tadi salah satu contoh ya hal-hal yang sudah di di bawah sadar tapi kita bisa bisa memahami Dengan memahami perilaku mereka ya konsumen ini kita jadi tahu nih hal-hal Apa sih yang bikin mereka geram gitu ya hal apa sih yang bikin mereka khawatir hal apa sih yang bikin mereka kesal gitu itu itu kita jadi tahu kan Ah gua nangkap nih berarti tiktok Nih Era stage stage ngejahit di depan di tiga detik pertamanya kan ada tu ya tiktok ya Ti ee misalnya muncul tiba-tiba video yang lagi apa terus tiba-tiba gua mauolog Oke Guys nih gua mau kasih tahu ya buat mbak yang lagi nah misalnya gitu kan Nih buat Bapak nih yang tadi kerjaannya lu ngenendang-nendangin anak lu nih dasar lu ya Misalnya gitu kan misalnya ada orang tua yang terlalu kasar sama anaknya segala Oh ternyata jangan-jangan tiktok memang nyontek ilmunya pi ini ada stopping power kan bukan bukan ilmu baru itu Itu udah lama dari tahun 0-an Iya kan istilahnya -an Papi udah hooknya gimana nih stitchnya kita mau jahit video apa dulu nih biar viral gitu kan Nah itu kan biasanya memang daya rangsang Stitch yang tepat pasti lu akan stay dengan memanggitkan amarah tuh misalnya kayak masuk ke sini Mbak saya mau kasih tahu Mbak enggak pernah ada ceritanya Mbak kalau gitu kan tiba-tiba kan Oh di depannya itu akhirnya kita ter call to action tuh ter call to action untuk nonton video itu nonton video itu dan bahkan gak hanya nonton kan kalau benar-benar keterlibatan emosi ya dalam sama isu itu gitu kan dia malah nyari konten yang yang lain lagi di luar konten yang sudah ditonton Oh iya benar bisa nge-search baru tu ng-search baru segala macam malah dia habis nge-search woh dia punya pendapat sendiri ya bikin konten juga untuk ah konten yang yang yang menjawab isu itu gitu Iya betul minimal komen juga tuh ikutan-ikutan nyerang misalnya gitu karena dia kepancing emosinya ya dan itu dan itulah inti dari Pinball marketing sebenarnya

waduh waduh waduh masuk ke Pinball marketing nih bowling marketing Pinball marketing harusnya bowling kan lebih oke karena bolanya lebih gede bowling kan harusnya lebih akurasi lebih akurat karena trknya lurus Kenapa bisa jadi bowling marketing istilahnya bolanya lebih besar gitu sodok kita lempar terus trknya enggak belok-belok enggak ada tantangan fokus pada pin di depan kok malah dianggap sebagai kelemahan ketimbang pin PIN B Pinball Tuh kan ibaratnya kan Eh kalau bowling dulu deh dikasih produk yang bagus dikasih produk yang oke oke Ini gua lempar sat tepat ke target cebret Harusnya kan lebih tepat sasaran pinmall malah spekulatif enggak sih Mas ketika lu tarik tang ah lu diomongin Gak diomongin sama siapa nih tang Tong Tang Tong Tang Tong gitu ya malah random gimana fenomenal terkait bikin produk bagus dikasih harga yang murah lokasinya tepat lurus pada sasaran kok malah jadinya katanya sudah enggak relevan gitu loh Ya pertama gua ceritain dulu ya si bowling marketing ini munculnya di era apa gitu oke oke dia muncul di era ketika itu tadi tuh di mana media masih sifatnya demand follow structure jadi semua konten tontonan iklan apapun yang ada di TV kita enggak ada pilihan harus nonton itu gitu kan He kita enggak bisa scrolling enggak bisa swipe jadi demand Follow the structure He nah karena semuanya itu controlled by struktur demand tidak punya atau masyarakat tidak punya kontrol terhadap konten apapun yang mau mereka lihat jadi kan mau enggak mau satu arah H satu arah ya kayak main bowling satu arah kan iya Itu tadi gua bilang iya kalau main bowling kan yang main Cuma Si yang megang bola doang dilempar ke pinnya kan He kan Pinnya enggak bisa lempar balik bolanya enggak betul jadi E itu Era zaman itu memang seperti itu karakternya makanya Kenapa itu relevannya di era itu gitu di mana Diman itu ya kayak PIN bowling diam aja Aduh mager hari Jumat Ya mau gimana lagi Ya udah tungguin deh hari Jumat gitu kan Ya kayak kayak pin pin bowling aja kan di diim aja enggak bisa enggak bisa bereaksi tinggal nunggu dilempar aja gitu hari Jumat nih begiver hari Kamis nih airwolf gitu kan Oh itu maksudnya tafsirannya.

Oke oke oke terus terus I kan Nah begitu juga dengan iklan gitu Jadi otomatis begitu ada iklan apapun yang ada iklan ya disuguhkan di TV ya dia nurut aja gitu kan Nah dulu ee korporasi itu sampai butuh ee bikin iklan dengan budget yang sangat besar untuk tayang di TV untuk produksinya untuk syutingnya dulu teknologinya belum Canggih kan gitu ya itu syuting awan segala macam Pemandangan itu dulu tekniknya luar biasa repot tuh pakai helikopter ya kan udah gitu Harus ee kameramennya luar negeri Karena dulu yang nguasain cuman beberapa orang aja gitu di luar negeri jadi mahal sekali lah produksi iklan Jadi udah budgetnya besar udah gitu karena semuanya ditayang di TV gitu ya audience nurut-nurut aja jadi suka-suka si marketer nih mau bikin iklannya kayak gimana he mau 10 detik 15 detik awal dihabisin buat awan juga terserah Oke oke I I I orang mau ganti channel juga cuma beberapa channel sih dulu gitu kan Apalagi kalau dulu pasang iklannya eh serentak di kan dulu ada yang sifatnya dulu poling apa T TV Iya betul jadi dia tayang di mana-mana Jadi udah pindah channel ee iklannya Dia juga gitu karena duitnya banyak gitu kan jadi serempak pasang iklan di mana-mana Nah ya udah bowling marketing tuh si Pinball e si apa si si Pin bowlingnya enggak bisa bereaksi Oke jadi itu eranya cocok di era itu artinya enggak ada respon gitu ya Nah era sarang kan beda teknologinya ah beda teknologinya memungkinkan semua orang untuk bereaksi semua orang jadi jurnalis nih oh iya kalau di TV lu mau ngoceh gimana paling bini lu doang yang tahu ah iklan mulu lagi nih Mana iklannya jelek lagi enggak nyampai ke dia tuh lu enggak bisa komen di TV Yoi satu arah memang lah kalau sekarang apa apaan sih komen iya lo ludahin tv-nya juga lo yang rugi kan Iya benar Lu harus lep lelapin yang bikin iklan enggak tahu zaman dulu video-videonya kalau dia kesal ada yang ngelempar ini kan misalnya ke TV pemain bola Enggak ngegolin dia lempar diancurin tv-nya lah lu rugiemp iya ah kalau sekarang bisa gitu kan Nah karena bisa dan terjadi ee itu tadi semua bisa merespon di segala arah Enggak cuman dua arah loh segala arah gitu kan bisa ngajak-ngajak komunitas misalnya wus Iya bisa ngajak-ngajak teman-temannya untuk ngespon sebuah iklan atau sebuah konten itu kan enggak main-main

Sekarang tuh eh dan itu dan itu e bukan dalam waktu lama loh bisa dalam waktu hitungan cuman berapa Jam berapa menit berapa detik gitu ya tahu-tahu udah ada konten baru gitu kaneson jadi artinya Sekarang udah enggak enggak Cocok nih pakai era bowling itu tadi kalau misalnya iklan awan dulu orang nari dulu gitu kan Wah ada pemandangan terus baru nanti terakhirnya brandnya baru muncul produknya apa baru terakhir doang sekarang Udah orang udah enggak udah enggak peduli gitu berarti kalau agensi masih pai kayak begitu tuh harusnya gimana ya pemilik brand juga harus belajarkah ya mungkin bosnya brand managernya atau mungkin ownernya gitu ya Eh biar tahu bahwa jangan sampai ketika ada agensi ngegarap ini terus malah jadinya brandnya yang kena imbasnya ya poinnya kan itu h karena berarti pihak mau agency mau in houseous gitu ya Ee harus tahu tuh kayak begitu-begitu tuh betul karena jangan-jangan mungkin polanya pola zaman dulu lu apprprove-opprove aja tahunya udah enggak relevan di zaman sekarang Nah Tapi sekarang jadi ada dua dua gap generasi nih generasi agensi dulu dan sekarang kalau agensi dulu itu terlalu itu tadi terlalu boling marketing jadi yang Wah semua dibikin gua mau bikin iklan kayak apa suka-suka kreatif gua lu nonton aja lu kan cuma penonton gitu iya iya itu itu Zaman po zaman dulu tuh yang penting apa yang dia mau dia buat itu dia dia tayangin nah yang sekarang anak-anak yang baru gitu ya agensi anak-anak baru terlalu responsif jadi Wah kita harus bikin viral nih kita harus bikin Gimana caranya supaya lah kan bagus viral Iya tapi kan brand Emang kita bikin brand cuman buat mingguan kan enggak brand kan harus sustain produk itu kan harus sustain kan bikin bikin brand itu kan tujuannya buat puluhan tahun ratusan tahun kalau bisa gitu kan he heh jadi strategic planningnya enggak mingguan dong apa yang yang viral minggu ini apa yang viral minggu depan jadi nanti akhirnya viral hoping gu gua ngasih istilahnya viral hopping k ada istilah Island hopping Ya iya i dari satu pulau ke pulau yang lain ini jadi viral hopping lompat dari satu viral ke viral yang lain gitu capek gitu kan Nah viral itu jangan dijadikan yang utama gitu Jangan dijadikan e terlalu responsif terhadap e e viral tadi atau isu yang yang hanya viral beberapa saat aja gitu ya tapi dipikirin juga setelah viral ini follow up-nya apa yang nyambung dengan brand value kita gitu sebagai pemilik brand ya atau sebagai marketer oke nah jadi ada dua kubu dua dua generasi yang dua-duanya ini kurang kurang tepat gitu Jadi yang era lama tadi salah juga gitu ya merasa kontrol iklan Dar di dia yang satu lagi merasa kita harus responsif apa yang viral itu yang kita bikin ya Enggak gitu juga gu harusnya gimana perannya pengganti bowling market keting yang memang sudah enggak relevan di era sekarang ya terus ee tetap bisa diomongin tetap bisa rame tanpa viral sesaat ah itu poinnya tuh Nah makanya masuk di era Pinball kan nah pinballnya tuh Apakah gara-gara pengaruh dengan tuasnya tuh kita tahu ya Mainan Pinball ya ya kan ada bola ditarik pakai tuas dilepas sekencang-kencangnya tergantung tuh mau lu Cuma kekuatannya segini levelnya atau narik ke segini kan beda tuh ujungnya segini tek Cing paling gitu kalau ditarik ke mundurnya paling jauh kencang juga potensi untuk bolanya untuk ke mana-mana gitu ya Nah Apakah ngaruhnya hanya di situ tapi jangan lupa bukannya Pinball kan kalau ngomongin Pinball di bawahnya tuh ada tuas lagi tuh iya ya kan biar bolanya enggak nyemplung kan dia harus aktif tuh harus tahu peran nah Ee gimana caranya tetap viral tapi yang enggak cuma naik sesaat gitu loh ada ya caranya ya makanya untuk memahami konsep ini harus main dulu permainan pinball Kalau yang belum pernah main harus main dulu nih jadi tahu gitu ya Coba buka dong Pinball dong buka dong Ada enggak ada enggak ada enggak di di di Google aja coba Pinball

coba Pak Nah sembari kita telaah nih ya kan Gimana sih cara kerjanya dan dan kira-kira ilustrasi atau analogi apa yang nanti digunakan dari tuas dari tuas yang bawah dua biji dan seterusnya Apakah yang dengan poin-poin yang ada di atasnya dan bolanya sendiri itu apa sehingga kita diomongin tapi tetap sustain gitu loh eh lu lihat enggak sekarang tempat itu ini lagi ramai nih Eh kita ke kafe itu yuk ah kan tujuannya pasti kan ya kita enggak pungkirin pasti sales dong penjualan Terus akhirnya mereka ya sudah Stay di situ gitu loh gimana caranya Dir repeat order apa segala macam tetap diomongin terus itu ada satu channel loh channelnya ini ngebahasnya begini mulu Eh gua lagi pengin Belajar bisnis dong udah ke channel ini aja misal itu kan Oke yuk kita mulai coba gimana harus tahu dulu cara bermain Pinball gimana tuh Mas penjelasan De Nah kan kalau main Pinball itu ada dua hal terjadi nih he ya yang pertama bola itu di permainan enggak akan mulai kalau bola enggak kita luncurin oh iyaalah sama kayak main bowling ya sama iya bedanya di sini bolanya kita enggak pegang nih bolanya ada di mesin itu heeh dan kontrol kita itu cuman narik tuasnya itu Iya begitu tarikannya kencang dia bolanya kencang Kalau pelan ya pelan gitu kan Oke nah bola ini bisa macam-macam bisa produk bisa message bisa value bisa call to action bisa macam-macam Oke pokoknya apapun yang kita launching apapun yang kita launch Git apapun yang kita luncurkan nah begitu kita luncurin Nah kita berharap itu mantul-mantul kan Oh iyalah cuma kan enggak tahu maksudnya sekcang-kencang apapun juga enggak jaminan bahwa dia dapat poin banyak atau skornya yang tinggi kan nah misalnya kataangah bola itu konten ya he kita berharap kita ee naikin Das konten ini viral mantul dia dung dung viral Hah tapi kita diamin aja Wah asik tuh viral De skornya nambah gitu kan tapi habis itu nyemplung kita Dimin aja ya terus kita bikin lagi konten baru yang viral lagi Oh capek juga ya capek kan jadi main main main e pinball-nya narikin tuas bolanya terus Oh ini kan produksi ya Iya ini produknya nih ini kan produksi tuh produksi lu produksi mulu Wah rame rame Lu create lagi nih lu create lagi lagi ya kan lu pakai ini lu pakai ini artinya biaya kan naik tuh ya betul kalau konten berarti kan bikin konten baru lagi konten baru lagi kalau misalnya produk fisik berarti oh produk ini lakunya sebentar oke bikin lagi produk baru gitu kan produk yang lain gila bikin lagi produk yang jadi gitu kan karena kan produk ini akan meluncur he setelah memang lu produksi Gimana caranya lu enggak diproduksi tiba-tiba ada tu produk produksi berarti kan Bikin lagi Bikin lagi berarti yang sehat adalah ketika satu kali produksi jebrat ditarik meledak tuh kontennya diomongin pang pong pang peng Jangan sampai hilang nah

Berarti ada peran duanya di bawah dong betul oh nah kalau orang yang pernah main Pinball paham ngapain sih main Pinball itu sebenarnya membaca gerakan bola jadi jadi pada saat udah Oh masih kencang tapi bukan berarti kencang terus kita diamin Oh masih kencang santai aja ngopi-ngopi dulu entar balik lagi kan enggak gitu nyemplung dong ya Entar kalau kencangnya atau mantul ke bawah nyemplung gitu kan jadi kencang Entar dulu nih kencang ada yang kencang tapi ngebuang enggak nih kalau kencang tapi ngejatuhin gitu kan Wah kita harus harus antisipasi nih standby standby Begitu jatuh ke bawah benar kan gitu Tang pantulin lagi ke atas jatuh ke bawah pantulin lagi ke atas kadang-kadang jatuhnya karena lesu gitu kan Wah udah enggak viral lagi nih isunya udah enggak dibahas orang lagi nih ya udah kita pantulin lagi ke atas ramai lagi ramai lagi nah jadi itu dua tuas di bawah itu yang yang justru paling penting dari permainan pinball jadi permainan pinball-nya itu reaktif responsif secara jangka pendek tapi secara the whole game itu sustain panjang lama mainnya bisa berjam-jam bisa bisa du hari kali mainnya kalau kalau enggak mati-mati iya iya iya nah Berarti peran itu dong paling penting betul peran yang tuas di bawah itu nah peran yang tuas dua di bawah itu gua nyebutnya brand activation ah itu maksudnya ketika udah mau turun harus bikin ber aktivasi lagi diactivate lagi activate lagi uh gitu boleh kita bedah Nih langsung nih Nah kira-kira brand aktivasi apa yang sekiranya ee tetap bisa diomongin tetap bisa diomongin gitu ya Ee ide gila aja saj kah atau gimana tuh ya jadi ee yang paling penting itu kalau kita ee main Pinball itu kan mau lamanya kan ada ada dua ya lamanya mainnya sama skornya total skornya he total skor tuh anggap aja transaksi atau omset atau target sales profit whatever lah pokoknya angka akhirnya atau performansi ya dari bisnis kita Nah dua-duanya harus tercapai kan jadi jangan sampai mainnya lama mantul-mantul scornya kecil banget ya ya mantulnya Soalnya bukan mantul di yang ada high score high score Ah iya kita harus pikirin juga mantulinnya ke arah highore juga dong gitueh Jadi kita antisipasi Oke mantol ke kanan tapi yang high score posisinya di kiri atas Ya gimana caranya gua pantulin oh nyenggol kiri atas gitu ngerti misalnya tuas segini bola di sini

He high score atau skor tingginya ada di sini dong Misalnya berarti kan ketika bola turun di sini kalau posisi di sini sama di sini aja udah beda tuh arah bolanya tuh betul di sini lu tempantulin lagi dia akan ke sini lagi Iya tapi jika memang lu tahu high score ada di sini berarti aktivasinya ketika bola di sini jangan lu sikat diamin dulu diamin dulu glinding ke bawah baru di sini sikat tang pasti ke sini karena kalau di sini enggak mungkin gitu pasti nah kocak begitu sudahah diangkat Kan gini tuh ya kan kalau gini berarti kan Nah ah momentum ya momentum timing itu penting Oh gila nih perannya ageny nih Biasanya nih kayak begini-begini ya kalau in houseouse ngantor atau mungkin pakai karyawan kantor ya berarti dari atasnya harus harus benar iya ya karena kan owner juga banyak yang pengin tahu terima beres ya capek juga hampir semua begitu enggak salah loh itu benar Oh iya cuma mungkin effortnya beda juga sih iya ya sama kayak kita punya mobil kan ada yang nyuci sendiri ada yang dicuciin gitu kan Iya benar ya memang sama-sama owner Iya benar sama-sama owner tapi bedanya ada enggak owner yang mau sampai mikro Turun ke bawah nah Heeh makanya Gua jarang main Heeh mau liburan aja sulit curcol curcol curcol iya i memang pilihannya itu i ya ya memang ternyata di sinilah lu beserta tim dan lain sebagainya Mas ada Trojan Nah bisa membantu Maknya Coba buka deh nih Instagram Trojan power nah ini e dengan belum dimasukin portofolio baru aja udah ngeri ini bawa-bawahnya ini Telkom S unlock the future Oh ini lu jalan ni ble lagi lagi lag lagi terus ada yang tadi ada games ya dan lain sebagainya Ah oke Ada ada pertandingan ini Dunia Games dan oke nah kayak gini-gini nih ngedatangin crowd ngedatangin Apa itu kan i betul ini kan harus punya strategi-strategi lebih tapi kalau kita ngomongin ageny kita dalamin lagi ya mungkin nanti kalau mau nambahin ada hubungannya dengan Pinball yang masih tersisa belum disampai kan bisa sekalian dibahas tuh Mas siap peragensian di awal Gua pernah bilang bahwa Gua pernah ngundang agensi Terus akhirnya performance-nya menurut klien tidak baik dan tidak memuaskan

He nah eh artinya Eh kalau Ma kita bahas mengenai Advertising yang dilakukan oleh agency pada sebuah brand gitu ya lagi-lagi pasti harus mengerti Bagaimana cara perilaku konsumen saat ini dan dulu ya enggak bisa asal kayak dulu gua juga pakai kok kok strategi ini gitu ya Nah Enggak tahu kalau Pak BII ya Kalau Pak BII kan kalau bokap lu pasti kan beda cerita Ath zaman dulu sampai zaman sekarang beda cerita kayaknya Anda mau ada diulu sama sekarang juga ya Pak Bi ya gitu Kayaknya kepakai-kepakai terus beda cerita itu kayaknya Satu Manusia dibanding satu perbandingan satu banding sekian ni kayak ini udah beda cerita tuh kalau beliau tuh kalau yang lainnya gua enggak tahu deh soalnya mohon maaf nih ada jensis yang zaman dulu saya tahu sampai sekarang hilang I mau itu foundernya mau itu orangnya apapun itu bentuknya itu banyak tuh yang kayak gitu-gitu tuh ya nah fenomenal agency ini sebelum kita lanjut e bahas Lebih Detail mungkin bisa ceritain tuh Mas Ini nyambung nih kenapa tadi gua sempat ngangkat pak Bi itu dari dulu sampai sekarang masih relevan ilmunya guru saya bokupnya Mas Dion gitu ya Eh ternyata Itulah bukti konkrit pernah ada satu atau seseorang yang pengin menuang dalam sebuah penelitian tentang teorinya tahunya malah ada itu orang Amerika By the way ya orang luar lah ya asing lah ya ternyata malah dia tahu ada orang Indonesia udah mempraktikkan duluan padahal penelitiannya baru dibikin Oh ya itu bukti konkritnya bahwa kayak lah ibaratnya ilmuwan baru mau bikin sesuatu karena temuan ini dianggap baru tapi nyatanya orang yang udah Sebelumnya udah gunain teorinya lah itu kan sama aja ya sekarang ada istilah Hook lah Tahunya udah ada yang bikin stopping power ya sekarang ada istilahnya Key visual lah ini kata-katanya dari Pak juga ya jadi gitu kan Iya terus ada call to action lah dulu juga dia udah pakai ya sebenarnya Bapak Anda manusia bukan si gila Kasar banget gue ya kok bisa tahu gitu loh Nah itu ceritanya itu bagus tuh menarik tuh I EE yang Profesor atau peneliti mauioner sih emang Babe tuh eh bokap tuh visioner banget jadi waktu tahun 90

eh Del Kalau enggak salah itu ee Babe diundang ke ke ke New York waktu itu diundang ke New York ee oleh seseorang yang katanya mendengar rumorsnya bahwa teorinya dia sudah ada yang melakukan di Indonesia gitu nah beliau ini ee adalah peneliti penulis buku bukunya itu adalah berjudul hyper competition tentang hyper competition jadi hyper kompetisi ini kan teori yang muncul sekitar tahun 90-an ya 94 salah satunya adalah defney gitu ya ya Nah ini John Mary Drew yang nulis nah ini yang ngundang babeh ke New York waktu itu nah terus dia interview Karena penasaran gitu dia dengar e beritanya begitu diinterview benar begitu diceritain kasus-kasusnya itu semua yang lu kerjain itu teori hyperper competition kata orang yang nulis bukunya gitu nah padahal babeh semua kasus-kasusnya itu dari tahun ‘0-an tahun 80-an gitu Iya termasuk Kopiko termasuk likna ya kalau sudah kalau sudah duduk lupa berdiri itu yaul Polytron b semuanya yang tlinetag line-nya enggak cuma tline sih eh semua pendekatannya strateginya itu itu hyper competition gitu nah apa tuh mungkin bisa dijelasin hyper competition yang dimaksud adalah hyper competition itu situasi persaingan gitu ya Yang Kan kalau kita kenal persaingan itu ada yang traditional competition itu yang eh saling bersaing tapi ya baik-baik aja gitu jadi tradisional disebutnya He nah ini e hyper competition itu yang yang yang apa Eh udah sikut-sikutan udah udah situasi selalu berubah dinamik gitu ya nah jadi eh apa namanya eh kalau ditarik ininya lagi akar teorinya itu teori ekilibrium dan disekilibrium jadi ekilibrium itu strategi yang mengacu kepada keseimbangan dari industri gitu boleh tolong disederhanakan gak ini materi anda jangan bawa baju dosen Anda dong Saya pusing nih ya engak teman-teman coba dicopot dulu baju dosennya.

Coba tolong tolong tolong e maksudnya gimana nih tinggi banget bahasanya nih Iya jadi hyper competition tuh eh apa ya kayak lu enggak lu enggak bisa bikin E ini e persaingan itu ajek jadi langsung dipatahin lagi langsung dipatahin lagi dengan inovasi-inovasi baru Oh jadi enggak sempat bersaing dan membuat kompetitor jadi enggak relevan tuh Iya jadi enggak jadi kompetitor jadi enggak ant terus gitu Iya jadi susah tuh masuknya tuh bersaing dalam dalam segala kompetisi tersebut gitu ya baru mau bikin ini keluarin Ya elah dia udah ke sana geraknya tuh baru mau bikinin Ya elah Ternyata bukan itu dia ngarahnya patah-patah begitu tuh ya jadi jadi pemain-pemain yang lain di industri tuh lagi enak-enaknya jadi enggak nyaman lagi gitu Dan itu adalah eh inti dari disrupsi atau disruption ya disruption makanya Pak Bi punya teori brand disruption itu oke lanjut pas di Mas masuk di New York Akhirnya ketemu orang itu kan ketemu orang itu ketemu orang itu terus ee apa Pak Bi ceritain kasusnya terus itu itu eh yang anda lakukan itu hyper competition disruption gitu Jadi semua materi-materi Pi iklan-iklannya kasus-kasus yang Papi buat itu itu mendisrup pasar mendisrupsi keseimbangan pasar intinya itu hyper competition wuh ternyata benar tuh peneliti yang dibikin lu udah mainin duluan lagah gimana Padahal gua lagi bikin bukunya nih Iya lagi bikin Bukunya udah 10 tahun yang lalunya udah di dimainkan sama Pak Bi ya 20 tahun malah 20 tahun ya dari tahun 70-an kan Pi ee bikin apa namanya iklan-iklan itu iklan-iklan disrupsi ya disrupsi dialah orangnya John Mary Drew John Mary Drew yang nulis bukunya Iya Heh John John Mary Drew Oh teori disrupsi itu ya teori disrupsi yang dimaksud iklan yang mana iklan yang Kopiko ee waktu itu dialog pas lagi lagi meetingnya Gua nunggu di luar enggak ikut Oh masih kecil ya masih kecil tapi pas keluar ya itu ee babeh sama waktu itu sama siapa ya itu cerita gitu Wah tadi habis bahas ini gitu e terus dibahas gitu Ini Pak

babisang Ternyata semuanya Itu disrupsi semuanya itu adalah hyper competition gitu Oke nih Coba gua analisa ya dan Tafsir disrupsi yang dimaksud dan membuat kompetitor enggak relevan itu ini sebenarnya turunan dari ilmunya Pak Bi juga nih ya adalah ee kompetitor tuh ruang geraknya sulit dan kita pemilik brand itu mengeluarkan produk kita dari DNA aslinya itu kali ya jadi kegocek jadi lagi asik-asiknya kita lagi main di ranaah ee permen misalnya tapi ternyata dia bukan permen ini kopi ternyata terus lagi kata kompetitor kopi dia bukan kopi ternyata permen kegoocek-kegocek gitu kan Ya istilahnya jadi kita enggak relevanak mkin kan Iya enggak mungkin brand-brand kopi airnya itu dipadatin jadi permen cost lagi naik biaya produksi lagi pabrik lagi maklon lagi gitu untuk nyaingin gara-gara dia permen Ternyata kita engak gocek gitu loh I kayak gitu-gitu kan jadi ngedisrupsi ya Sama halnya dengan eh ada bukunya Pak Bi ketika dibilang kitab branding artinya orang jadi mewajibkan kita harus memiliki ini Iya itu kan ketika keluar dari dna-nya tuh bukan buku bukan buku tapi kitab kitab itu Mas Dion juga sebenarnya sih yang ini gua nyontek dari kemarin ni waktu pas peluncuran bukunya Pak Bi kan yang bisa bikin brand kan iya i ini kitab Der kitab ih udah panduan dong ya Oh iya berarti dia keluar tuh bukan buku lagi tuh jadi cuma bukan cuma ya tapi ngegeser mendisrupsi yang tadinya buku kita ganti jadi kitab yang tadinya minuman jadi makanan yang bergizi Minum makanan bergizi Energen gitu ya itu kan ngedisrupsi banget tuh tadinya nya permen jadi kopi dalam bentuk permen Iya gu tadinya Daikin AC terus jadinya bikin ee suami istri jadi makin hangat kan gitu kan Pi bilang ya ruangannya makin dingin keluarganya makin hangat gitu ada istilah paradoks-paradoks lawan kata lawan kata gitu kalau sudah duduk lupa berdiri I itu kayak gitu-gitu kan kegocek ya Ini Sofa apa bukan ya Kok malah bikin ketenangan kenyamanan ya gitu-gitu dan Era itu kalau dipakai sekarang tuh lebih dahsyat lagi harusnya ya ya justru sekarang itu eranya disrupsi kan semua serba disrupsi jadi belum sempat nyaman lama dipatahin lagi dipatahin lagi dibikin keseimbangan baru lagi ekilibrium baru lagi jadi enggak sempat ajek gitu enggak sempat lama berubah terus itu disebutnya hyper competition atau Dynamic jadi selalu berubah-berubah itu memang era sekarang begitu constant changes ya era sekarang begitu banget 2023 dan pabi udah pakai itu di tahun 0-an 0-an apalagi pada saat itu semua pemain kan stabil-stabil sukanya konstan-konstan Habis itu habis senang banget kan habis itu lagi lagi santai-santai usil banget sikat Hil sikat lagi stabil-stabil lagi enggak tahu apa-apa istilahnya teori itu masih banyak yang belum tahu di tahun 2023 Iya Nah itu di trogen power dipakai buat ke brand-brand ya iya ya kita harus pakai Bayangin nih ini gua enggak tahu nih ini ini ada perannya Mas diun apa enggak nih ketika tadi kita ngomongin telkomsel ya ya kan nah e ya pokoknya keluarga merek lah itulah yang suka usil-usil dalam tanah kutip itu ya terus tiba-tiba muncul satu iklan yang narasinya koreksi kalau salah Mas E ini provider sim card lah kok bisa-bisanya e malah jadinya dna-nya adalah sebuah atau seorang Sultan gitu loh iyaak sih Iya kan yang yang yang ini yang

Kalau itu bukan bukan proder eh e ini Telkom Telkom Telkom ya bukan telkomsell bukan Telkom Kalau telkomsell waktu itu kartu As Oh kartu As ya kalau yang sekarang yang Sultan itu adalah eh produk Telkom aplikasi aplikasi He Itu bisa diceritain dikit enggak ini Ini kita lagi bahas mengenai phenomenal agency Kalau ngerti brand atau pemilik brand tuh tidur tenang gitu loh enggak perlu terjun ke bawah beneran beneran ini ngaruh B banget karena ya tadi gua berulang-ulang maksudnya ini buat menjadi satu pelajaran ya i ya Gua pernah ngundang agency ke sini juga ujung-ujungnya malah gua disalahin sangkanya katanya Ah lu mah ngundang orang yang enggak bener brand Gu Jadi enggak perform nah kayak gitu-gitu kan Nah jadi makanya nih mungkin karena Mas Dion ini adalah di Trojan power ini adalah terkait banyak ketemu sama klien-klien yang gede-gede banget nah ini tips Gimana caranya klien juga Biar tidur tenang gitu loh poinnya itu aja sih sebenarnya Coba gimana tuh Eh Pak kartuas gimana kalau kartuas dulu eh kita bahas yang disrupsi ya ya yang disrupsi kartuas dulu itu kan eh kcernnya adalah mengenai eh kartu itu eh perang kan price eh apa price War ya perang antaraga ya waktu itu kan ee apa namanya Simpati Simpati sama yang yang yang apa E Mentari waktu itu ya perang perang-perang Nah akhirnya dari telkomsell menginginkan adanya satu fighting brand jadi peachingnya waktu itu bukan paching agency Biasa maksudnya bukan paching agency bikinin iklan dong ya begini ya gitu tapi peachingnya adalah tolong bikinin konsep dari strateginya produknya pricingnya mau segimana bebas Wah Gil namanya apa brandnya terserah gitu bukan brandnya udah ada terus dipoles gitu bukan ini dari nol dari enggak ada Wah gitu Itu yang kartu As Nah akhirnya kita brainstorm nah terus Pak Abi ngelibatin semua anak muda untuk brainstorm gua waktu itu masih kuliah eh dulu mbak Sati masih SM a apa SMP ya Eh gue SMA sori gue SMA Heh Mbak Sati masih SMP terus kita dilibatin gitu yang perisan gue waktu itu waduh loh Ma enggak turun jinglennya jingl-nya Oh Mbak Ti ada tapi Mbak Ti mah Mbak Ti subyakto udah kuliah kali ya udah udah kuliah iyaud kuliah I Oke Ter udah terus habis itu ee semuanya kita e pakai insight-nya anak-anak muda perilakunya anak-anak muda pada pada saat itu akhirnya keluarlah konsep kartu As jadi provider e kartu ya kartu sim card yang bukan masalah fungsionalnya gitu karena waktu itu kan fungsional kan Aduh fungsinya begini begini harganya.

Oh iya produk bangetlah 4P banget tuh Marketing Mix banget kasih produk kasih harga yang menarik ya kan dikasih promo lagi ah gitu-gitu kan 1.0 ya 1.0 marketing 1.0 sellingnya diskon-diskonan iya betul tuh kartuas keluar enggak kayak gitu tuh Ya enggak kartuas langsung kita lifestyle-nya anak muda pada saat itu gitu ya langsung kita ee tline-nya kartu As ee kartunya cuma-cuma pakainya suka-suka Hm Iya Wah legendaris itu waktu itu kartunya cuma-cuma pakai suka-suka ya i i apa pesan itu ah kita kupas nih tline De waktu itu masih inget enggak Mas kan Mas jonang Pren masih masih inget Mas Inget ya apa tuh ya jadi waktu itu Ee kita bikin mindsetnya yang bayar tuh bukan kartunya tapi yang yang bayar Tuh kan paket datanya e dulu bukan paket data ya namanya apa namanya aduh lupa lagi apa sih dulu paket kuota paket kuota ya paket kuota bukan paket data paket kuota jadi paket kuotanya yang dibayar kartunya mah enggak bayar Oh iya mindset berubah tuh langsung tuh kalau dulu kan sebelum kartu As enggak sebelum kartu As begitu kita punya SIM harus masukin sekian rupiah dulu Iya benar kayak registrasinya lah ya registrasinya Nah ee kartuas enggak waktu itu jadi e langsung begitu kartunya aktif terus langsung beli paket kuotanya Nah itu sebenarnya yang sudah dipraktikin di kartu-kartu sekarang sih sekarang cuma kan waktu itu kan heboh orang pada hijrah ke kartu As tuh Iya nah terus langsung diidentikkan dengan pakainya suka-suka karena apa Karena pilihan paket kuotanya itu variatif jadi dari yang murah sampai tertinggi tuh ada tuh tapi ya paling banyak yang yang murahnya karena memang segmennya kan ee ngejarnya yang ke ke bawah gitu ya loh Emang yang lainnya provider lain enggak kayak gitu waktu itu pilihannya dikit cuman beberapa opsi aja waktu itu Ah oke zaman itu ya udah Terus eh present terus dikasih kita bikinin jingle e mbak Tia bikin jingle-nya ee yang isinya jingalnya Cuman suka-suka cuma-cuma gitu aja terus heeh cuma-cuma suka-suka cuma cuma suka-suka udah langsung booming dan waktu itu jadi akhirnya e besar jadi besar kartuas yang tadinya targetnya cuma jadi fighting brand supaya kompetitor berantemnya sama si kartuas akhirnya kartuas ini jadi main brand akhirnya dibesarin P saat itu Perilaku konsumennya lu dengan Lifestyle nongkrong suka-suka lu deh pilih ini pilih itu ya kan betul bukan lagi ngomongin dulu kan provider kan e misalnya a gitu dibilang unlimited Pak paling murah dulu pada gila-gilaan begitu kan iya ee 1000 s jam ya kan e apa ya pokoknya begitulah Kak 500 2 jam free alah gila-gilaan dulu banting-bantingnya tuh I gua sampai termasuk kena korbannya tuh awal-awal tuh akhirnya gue juga pakai kartuas akhirnya ujung-ujungnya pindah cari yang lebih murah lagi Oh ini ternyata lagi ada promo di sini sampai ada asia asia kan kan Iya Asia berikutnya Asia kan habis itu kan Rp1.000 telepon sejam sepuasnya apalahi tuh gua lupa tuh sampai ada ban link ke handphone-handphone-nya si dme si dme itu kan D Dimas Enggak tahu nih anak-anak Geni nih oh tahu ya dulu berdarah-darah tuh perang itu gua sampai bela-belan ganti kartuin lu nomor lu ganti-ganti mulu bukan masalah apa gua nyari yang paling murah Bro begitu ke sana udah masuk terus gengsi naik ya anakanak muda ke kartuas ya Iya He nah itu udah jadi naikin ke El ee istilahnya beli dan pakai itu Jadi siapa atau mungkin dapat apa gitu mainnya Iya udah naik tuh dulu tuh inget banget banget gua value naik tuh kayak l brand-brand sekarang yang enggak jualan produk jualan Freedom jualan Lifestyle jualan eh ya tongkrongan Harley Davidson enggak ngomongin motornya kan sebetulnya Iya 2.0 ke ataslah in Heeh

2.0 ke atas tuh Wah itu Cikal bakalnya tuh di situ Wah sangat ng-disruption sih memang sih itu ng-disrup waktu itu oke n e setelah itu sampai sekarang gimana trogen power nah ini kita mau tahu nih ya ya kan brand-brand ngelihatnya ee sedemikian rupa percaya kemarin kita gagal syuting gara-gara anda ternyata masih lanjut meeting berapa kali lagi klien banyak banget kliennya Nah apa sih yang dilihat dari sekarang dibalik pertanyaan gini Bagaimana sebuah brand memilih agensi yang tepat untuk aktivasi campaignnya Jangan sampai salah nih ya Ah itu tuh apa sih yang dilihat mereka sehingga kita tahu buat teman-teman ageny atau pelaku brand lu ngerti ternyata lu enggak bisa jalan sendiri gara-gara ini dan seorang agensy ini edukasi juga enggak apa-apa ya mas ya ke mereka ya lu juga harus ng-eset kampaen-kampen yang dibutuhin sama brand tu apa itu loh Nah itu tuh poinnya tuh I gimana tuh mas ya agency sih intinya harus pertama harus ngerti kpi-nya dulu apa gitu ya KPI dari kliennya ini klien objektifnya apa Nah itu harus clear benar-benar clear Cut enggak boleh bias gitu karena nanti ada kesimpang siuran Jadi kalau ini kalau ini ya Yang ini yang dijan selama ini ya Jadi kita harus Ee kita tanya dulu ke klien Kalau misalnya sudahah dikasih briefbefnya belum jelas kita interview lagi Kita gali lagi sampai betul-betul dapat apa sih objektifnya gitu kpi-nya apa apakah kpi-nya itu adalah performansinya kuantitas atau kualitas gitu ya Misalnya kuantitas tuh ya macam-macam misalnya mau datangin eh traffic sekian ribu orang misalnya itu kan yang paling qutity ya atau naikin penjualan itu yang paling gampang tapi kalau misalnya kualitas ya apa namama ya misalnya meningkatkan brand image meningkatkan persepsi bahwa brand ini dipersepsikan sebagai a gitu ya Nah value Apa itu itu yang lebih kepada quality quality KPI oke nah itu harus jelas tuh Ini apa karena nanti approachnya beda nah banyak yang salah kaprah e kalau misalnya activation Oh kalau mau ningkatin activation experience harus pakai event ya event itu formatnya tapi bukan berarti activation event aja gitu ah Oke activation itu adalah mengaktivasi kembali value brand ini apa gitu ini diaktivasi he sesuai dengan objektif yang mau dicapai gitu nah jadi itu harus clear Cut dulu baru kemudian diterjemahin jadi campaign baru terakhir ngomongin kreatif Oh kreatif justu di akhir ya di akhir strategi nomor satu oke nah tahu strategi dan kampanya tepat itu gimana cara menyasar kepada perilaku konsumen yang tepat pada target market atau target audiens si brand ya ya pertama analisis pasti jadi analisis perilaku konsumen itu nomor satu jadi jadi gua gak gua gak enggak pernah bikin campaign enggak analisis dulu perilaku target audience target market target konsumen itu pasti gua analisis dulu nah ketika menganalisis ini Nah di sinilah Gua sering ngihat kebanyak banyak yang salah kaprah ketika menganalisis perilaku konsumen jadi banyak yang melihat konsumen itu karena itu tadi Que and Que kan e target market disebutnya ya target market mereka lupa target market tuh orang loh bukan cuma sekedar data gitu oke akhirnya mereka cuman ngelihat data karena data misalnya Oh yang suka sama enggak suka populasinya sekian persen sekian persen kan data kan statistik gitu data Oh yang yang menolak sekian persen yang setuju poknya macam-macamlah gitu ya datanya apapun nah yang yang bisa diambil tapi karena terlalu fokus pada data data statistik itu akirnya itu berpengaruh ke mindset ketika kita bikin campa jadi ketika kita bikin campaign bikin komunikasi kita komunikasinya as if kita kayak ngomong ke data Wah bukan ke manusia bukan ke perilakun Bu manusia bukan ke perilakunya Heeh Ya Kan itu langsung berasa tuh itu itu pola-pola zaman dulu lah bowing marketing

Nah di sini yang gua suka lihat analisis perilaku konsumen itu banyak marketer ataupun agensi itu hanya stop melihat konsumen atau target market berhenti sebagai data tidak memanusiakan konsumen gila bahaya juga ya ya karena kan percuma datanya kayak begini begini begini tapi ternyata enggak cocok sama perilakunya mereka betul Iya kan kayak kemarin sempat bahas juga sama Pak b sama Pak Kris fenomenal Tanah Abang betul Iya kan maksudnya sebelum mau ada tiktok shop atau setelah ada tiktok shop apa segala Macamnya ya Kenapa kita harus ke sana itu poinnya kan Iya itu poinnya makanya di tiktok shop ditutup juga ya katanya enggak ngaruh juga sama penjualan gitu nah Berarti perab sebumnya perilaku kita memang anak-anak Geni atau yang market kan konsumtif ya kita paling cari yang paling banyak gitu paling gede genensi milenial ya kenapa kok harus ke Tanah Abang poinnya itu nongkrong juga bisa Kagak gitu ah kayak gitu-gitu tuh i padahal e kasus kayak tiktok shop kemarin itu sebenarnya berangkat dari Inside konsumen yang paling simpel yaitu mager Oh iya lagi enggak pernah dibahas nih padahal sebenarnya sesimpel itu iya i i bahwa per dengan adanya teknologi yang makin canggih semua serba on demand mau video mau musik apapun sekarang on demand Heeh Ya kan platformnya banyak yang menyediakan itu dan pilihan-pilihan sudah dibantu rekomendasinya bukan hanya orang yang rekomendasinya sekarang direkomendasi Sama ai gitu Ai membantu merekomendasi semua udah diudah di Udah dilayanin nih konsumen nah orang kalau dilayanin kayak gitu semua serba dilayanin Jadinya apa ya magar magar Lah ya ngapain gua ke situ ya iya kan iya iya i Oh perilaku lagi ya perilaku tapi datanya kan mereka pasti kan tenang di Indonesia ini masih membutuhkan baju kok oh tenang gitu kan pasti kan iya ya pasti tiap tahun lebaran kok kita siapin jubah di sana Oh tenang orang-orang di daerah juga kesulitan untuk belanja di tempat yang banyak enggak mungkin dari Kalimantan terus mereka terbang ke e Tanah Abang gitu loh Ya udah perwakilannya aja agennya aja terbang ke Tanah Abang Dia borong beli berapa kodi bawa balik tuh ke Kalimantan kayak gitu terus Kan polanya kan Iya lah ngapain gua nungguin Akin ke Kalimantan dulu di handphone gua ada kok iya ya jadi again data-data semua

\Fokusnya ke produk gitu kan Oh banyak yang masih mau baju banyak yang masih ini tapi sebbenarnya bukan di bajunya poinnya Aduh benar gua nangkap Thank you mas gua nangkap lu browsing sama aja dengan kayak Oh gua mau buka baju di Tanah Abang baju jubah deh jubah ya muslimah baju muslim gitu ya buka Kenapa lu buka tanah abang iya karena sekarang minat jubah tuh masih banyak tuh tutu Google tuh misalnya Iya kan I dia sendiri padahal sebenarnya kalau mau ditarik lebih dalam lagi di sini e dia sendiri aja nge-browsing lewat Google gitu ya enggak minta data sama pemerintah dia aja udah mager gitu yaud nah ngecek dapat datanya Oh iya benar ternyata benar tamss dulu gitu kan zaman dulu tuh cara ngedata Oh ternyata pembeli baju pemakai baju itu sekian juta orang gede tuh seluruh Indonesia Ya udah kita buka aja di Tanah Abang kenapa karena orang-orang daerah pada ke sini baatbawa balik ke sana distributor atau agen kita I Iya benar data anya memang yang pakai baju mah seluruh Indonesia mah puluhan juta ratusan juta orang laki-laki ibu-ibu yang minatnya jubah muslimah Iya datanya di pengajian sekian di masjid sekian Oh gede tuh datanya ya cuma kalau mager enggak ke situ juga mas i i i ya ya Nah itu namanya etnografi jadi kita udah enggak jangan terpatok sama statistik tapi digali lagi etnografinya nah ini ini yang gua terapin kalau di

Trojan gitu Hm jadi gua enggak enggak puas dengan data yang gua dapetin tim gua dapetin gitu ya Ya baik itu lewat fgd lewat apa Lewat eh eh questionioner gitu ya atau voting itu kan bisa dapat secara populasi kita bisa tahu siapa yang setuju enggak setuju suka enggak suka tapi gua tetap again gua jalanin etnografinya gitu etnografi ya etnografi jadi eh penelitian Tu kan Enggak cuman eh pendekatan ee apa eh kuantitatif ya tapi kualitatif juga nah etnografi itu bagian dari penelitian kualitatif tapi enggak usah terlalu Entar gua dimarahin lagi nih engak tadi gua udah ngeker-ngeker nih ini ini lanjut satu kalimat nih gua gas lagi nih tolong sederhana penonton saya UMKM tolong tolongap Jadi makud maksudnya gini maksudnya sesimpel kalau teman-teman justru etnografi Ini relevan dengan teman-teman UMKM justru Ini sebenarnya adalah riset yang paling murah tapi paling akurat etnografi apa tuh ngalamin sendiri ngelihat sendiri Wah itu aja pada enggak ada yang bahas dan mis iya i apalagi di era sekarang masyarakat itu udah makin kut kalau dulu kita homogen hari Jumat sama-sama nonton maggiver hari Kamis sama-sama nonton airwolf homogen kita jadi begitu ngelihat statistik Oke cenderung lebih akurat kalau sekarang hari Jumat nontonnya apa Tiap orang ya macam-macam lah enggak tahu Kamis waduh waduh waduh waduh bahkan bisa dibalik tuh polanya tuh yang tadinya misalnya hari Jumat megaiver Bisa jadi nonton megaaver-nya di hari Sabtu atau di di hari selasanya jamnya juga enggak harus 4 jam .00 sore bisa jadi memang pagi-pagi gua tiba-tiba kepikiran kayak pintu gua rusak nih gagangnya ini misal nih ya kayaknya gua butuh penjelasan dari megaiver nih

Cari Oh ternyata diakalinnya pakai ini nih contoh doang nih ya gua enggak tahu lu yang masih pada muda-muda ngerti enggak yang gua bahas sama Mas di nih ya kan gagangnya rusak nih oh megaiver kemarin nyelesai bikin pintu tuh cepat kayaknya bisa jadi Selasa pintu lu rusak aja enggak ada yang tahu emang harus Jumat doang pintu lu rusak kan gitu ya Iya udah beda lu sekarang lu jadi udah udah sangat cluttered ya sangat sangat spesifik tiap tiap perilaku orang itu udah beda-beda nah itu kita harus lihat sendiri Kita lihat e orang yang kita kenal aja enggak usah jauh jauh sampelnya orang kita kenal keluarga teman gitu kita lihat oh gini oh gini oh pakai handphone kayak gini Oh kalau scrolling kayak gini pas lagi makan bareng Lihatin aja scrollingnya satu scrollingnya Serius amat gitu Pak pakai telunj kalau scrolling pakai telunjuk biasnya cepat tuh Iya benar Iya benar Nah ini kan ini kan insan-instan kayak gini kan orang lewat aja kan supaya dianggap sepele kan gitu Padahal orang scrolling pakai telunjuk sama scrolling pakai jempol sambil senderan gini udah beda Nah kalau gua kayak gituan gua perhatiin gitu Tergantung agency-nya Memang karena lu belajar emang bok up lu Mas Mas Iya benar ada juga yang lainnya kan mungkin ageny cuma gara-garaatan kelihatan keren aja pas di layar kita punya data begini begini Asik ya Ken sih itu gua gua apresiasi bagus Cuma hal-hal kecil juga lu tahu enggak orang scrollingnya pakai jempol sama telunjuk baru tahu hari ini loh gua l story loh tapi tapi itu harus Memangnya tadi ee data-data statistik untuk sebagai acuan awal Ya itu sih gua enggak seekstrim Pak Abi sih Kalau Pak Abi kan udah intuisinya tajam banget ya itu mungkin bed lah kalau gua masih manusia biasa jadi artinya gua masih menghargai data statistik gitu ya oke data statistik kan dimaksud adalah marketing 1.0 ujung-ujungnya kan ya salah satunya salah satunya fokus pada produk target market apa segala macam Ben tadi kan kalau ke 2.0 3.0 harus digali lagi jadi dari data statistik itu angka populasi 60% misalnya yang begini katanya begitu kan nah 60% yang begini Itu kenapa dia begini why-nya Kenapa nah digali lagi terus how-nya gimana Itu dicari Nah itu enggak bisa pakai statistik karena terlalu spesifik kan tapi ada yang bilang katanya kalau kita mau pakai 2.0 ke atas kan juga butuh 4P Karena itu adalah fundamentalnya itu gimana tuh butuh tadi produk target market gitu itu kan justru pintu gerbangnya dari situ enggak bisa kita ngelupain itu kan tadi kan samp nyinggung juga kalau pak bi sih gua enggak seekstrm pabi Pi langsung enggak one POnya udah gak relevan Wah l nah nah l i kan itu gimana tuh Mas Apakah tetap e kita belajar tentang target market produk dan lain sebagainya ya Jadi kalau bicara soal 1.0 2.0 3.0 itu tadi gua sih termasuk Yang Masih menghargai 4.0 tapi memang enggak bisa se 4.0

1.0 eh sori 1.0 sori salah ngomong 4P maksudnya 4 Piece Oke e 1.0 itu Eh gua masih masih masih menghargai itulah gitu ya tapi terjemahannya enggak bisa sesimpel kayak kayak konvensional gitu produk Ya udah produk ya Misalnya jualan kopi berarti gua jualan produk kayak kopi hmm padahal produk itu konsepnya itu udah udah meluas gitu dimensi produk aja itu udah dulu produk kategori cuman barang jasa udah iya betul sekarang Waduh nah barang jasa sistem informasi gagasan Iya media dan lain se orang ya kan atau sosok apalagi pengalaman apalagi banyak B value value gerakan iya semua bisa jadi produk benar gerakan gua kemarin jalan sama Kaf tuh Dia punya gerakan C forward kayak kan anak-anak muda yang peduli dengan lingkungan makanya jadi ah itu jadi i kan lu bangga akan pakai tu kara-kara memang lu mendukung aksi untuk udara sehat misalnya betul Gil nah yang teman-teman perlu perhatiin adalah Oke kita pakai framework-nya 4P gitu ya produk aja p yang pertama nih produk Nah itu kan udah udah berevolusi nih jadi kalau misalnya lu jualan kopi ya lu jangan cuma mikirin jualan kopi dong karena ini bisa kayak ibarat bawang bombai ini bisa dilayer lagi nih produknya iya iya iya iya cuman fisiknya aja lu bahas apa aja Ada gagasan enggak di balik kopi yang lo jual itulah cikal bakal lahirnya bukannya gantinya kopi tapi gantinya ngopi.

Kalau Telkomsel bentuk ya lebih banyaknya ke activation yang shortterm shortterm ya karena mereka kan sudah establish ya sebagai brand Jadi butuh maintaining aja gitu dimaintain dengan beberapa activity-aktivity bentuknya ada yang event ada yang kadang ke online ke digital juga gitu jadi eh lebih ke short term ya gitu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *