Assalamualaikum Sahabat Whitecyber semua diseluruh tanah air …
Kali ini Whitecyber Team mendapat request dari customer untuk membantu Project Layanan helpdesk e-Government.
Project Layanan helpdesk e-Government merupakan layanan bantuan untuk menangani kebutuhan user terkait dengan gangguan dan permasalahan yang terjadi baik itu infrastruktur dan jaringan, aplikasi dan sistem informasi serta keamanan informasi yang terjadi di Pemerintah. Pada saat ini sebagian besar pengaduan yang masuk pada front office helpdesk selalu membutuhkan teknisi dalam penanganannya, meskipun adanya keterbatasan jumlah teknisi untuk penanganan permasalahan e-Government.
Penelitian ini bertujuan untuk optimalisasi Layanan Helpdesk e-Government sehingga dapat dilakukan pelayanan tanpa campur tangan teknisi secara langsung.
Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data laporan gangguan yang masuk ke layanan helpdesk e-Government Kota selama 11 bulan terakhir dari 33 Perangkat Daerah yang ada di Kota dan tahapan-tahapan penyelesaian permasalah oleh teknisi.
Penelitian ini menggunakan metode backward chaining untuk mengidentifikasi penyebab terjadinya gangguan layanan e-Government. Hasil yang dicapai penelitian ini adalah sebanyak 21 Rule yang dapat diaplikasikan secara langsung pada layanan helpdesk, dengan tingkat akurasi sebesar 92%.
Rule yang dihasilkan dengan metode backward chaining dapat digunakan untuk optimalisasi penyelesaian gangguan yang masuk ke helpdesk oleh front office tanpa menunggu teknisi.
Helpdesk adalah bagian organisasi yang memberikan solusi atau menyelesaikan sebuah masalah yang dialami pelanggan atau pengguna baik itu dari pihak internal maupun eksternal. Helpdesk
merupakan layanan satu titik kontak yang dipusatkan untuk masalah layanan pelanggan. Seiring perkembangannya helpdesk tidak terpisahkan dari fungsi layanan dan bertanggungjawab dalam penyelesaian permasalahan dan pemenuhan kepuasan user.
Saat ini sebagian besar pengaduan yang masuk pada front-office helpdesk selalu membutuhkan teknisi dalam penanganannya. Jumlah teknisi yang ada sangat terbatas sedangkan permintaan layanan helpdesk cukup banyak dan harus ditangani sesegera mungkin agar tidak mengganggu penyelenggaran pemerintahan. Oleh sebab itu dibutuhkan suatu Sistem Pakar layanan helpdesk e-government. Sistem Pakar merupakan sistem yang mengandung pengetahuan dan pengalaman oleh satu atau banyak pakar yang dimasukkan ke dalam suatu area pengetahuan tertentu agar setiap orang dapat menggunakannya dalam memecahkan masalah yang spesifik.
Untuk penyelesaian permasalahan dengan sistem pakar ini digunakan metode backward chaining. Pada backward chaining yang merupakan goal driven, sistem akan memulai proses pencarian dari tujuan atau solusi permasalahan yang dihadapi, kemudian dari kaidahkaidah yang diperoleh, masing-masing kesimpulan di runut balik jalur yang mengarah pada kesimpulan tersebut.
Backward-chaining menggunakan algoritma pencarian depth-first yang akan bekerja mundur dari query-nya. Metode backward chainning dipilih karena sebelumnya telah menunjukan hasil yang cukup baik. Sistem Pakar dengan metode backward chaining dapat digunakan untuk mendiagnosa dan menyelesaikan permasalahan kerusakan hardware komputer.
Selain itu Sistem Pakar dengan metode backward chaining juga dapat mempermudah pendiagnosaan gejala-gejala kerusakan pada jaringan LAN, WiFi, dan sharing yang mengalami gangguan. Backward chaining juga dapat menyelesaikan kasus penyelesaian permasalahan sengketa tanah dengan pendekatan penyebab sengketa tanah. Serta dapat digunakan dalam pendiagnosaan penyakit menular seksual pada manusia.
Untuk itu dibangunlah Sistem Pakar Helpdesk EGovernment untuk mengoptimalisasikan layanan egovernment yang ada di Kota.
Penggunaan metode backward chaining digunakan karena memiliki efektifitas lebih baik pada jenis permasalahan yang terjadi di helpdesk e-government.
Metodologi Penelitian
Peneliti menggunakan kerangka kerja penelitian untuk menguraikan metodologi penelitian yang digunakan dalam menyelesaikan masalah penelitian. Tahapan yang digunakan dalam penelitian ini dapat dilihat pada
Mengidentifikasi Masalah
Langkah awal dan penting dalam penelitian adalah dengan melakukan perumusan masalah dari masalah yang ditemukan pada objek penelitian dan memberi batasan dari permasalahan yang akan diteliti supaya lebih terarah.
Menentukan Tujuan
Tujuan penelitian diperlukan supaya penelitian tidak menyimpang dari tujuan yang ingin dicapai dan memperjelas ruang lingkup serta batasan masalah sehingga didapatkan hasil yang optimal.
Mempelajari Literatur
Untuk dapat mencapai tujuan penelitian perlu dipelajari literatur-literatur yang nantinya digunakan dalam penyelesaian permasalahan. Teori-teori yang berhubungan dengan sistem pakar dengan metode backward Chaining yang diperoleh dari berbagai sumber seperti buku, jurnal, paper dan situs-situs dari internet.
Mengumpulkan Data
Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara :
- Observasi langsung di tempat penelitian;
- Wawancara dengan pakar;
- Identifikasi permasalahan;
- Pemahaman dan analisa;
- Studi kepustakaan.
Menganalisa Data dengan Metode Backward Chaining
Metode yang digunakan didalam perancangan masalah adalah metode backward chaining yang memiliki aturan berbentuk IF-THEN dan proses pencarian dimulai dari tujuan yang menjadi solusi masalah yang dihadapi. Langkah-langkah yang dilakukan didalam penyelesaian masalah dengan metode backward chaining, yaitu:
- Membuat basis pengetahuan;
- Menentukan tabel keputusan pakar;
- Menentukan rule/aturan;
- Menentukan goal/solusi;
- Membuat pohon pelacakan.
Merancang Sistem
Proses perancangan sistem terdiri dari: perancangan struktur data, program, format masukkan (input), dan format keluaran (output).
Implementasi Hasil
Merupakan tahap mengimplementasikan rancangan yang sudah disusun menjadi sistem yang dapat dioperasikan.
Pengujian Hasil
Tahapan yang membandingkan hasil ouput dari Sistem Pakar dengan hasil perhitungan manual dengan menggunakan metode backward chaining.
Hasil dan Pembahasan
Analisa Data
Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data laporan gangguan dan permasalahan yang masuk ke Helpdesk E-Government Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Payakumbuh dari Juli tahun 2019 sampai dengan Juni 2020 yang terdiri dari jenis permasalahan, gejala yang terjadi dan solusi terhadap permasalahan yang terjadi. Selain itu data didapat dari hasil wawancara dengan teknisi infrastruktur dan programer aplikasi.
.
Didapatkan 12 jenis permasalahan yang masuk ke helpdesk e-government, setiap jenis permasalahan diberi kode M01 sampai dengan M12 seperti dapat dilihat di Tabel 1. Sedangkan untuk gejala-gejala penyebab terjadinya permasalahan didapatkan 34 jenis gejala yang diberi kode S01 sampai dengan S34 seperti pada Tabel 2.
Rule nya sebagai berikut
.
Contoh perhitungan backward chaining dengan kasus yang masuk ke helpdesk:
.
Bagaimana Cara Menginstal Flask di Windows ?
Flask pada dasarnya adalah modul Python. Flask hanya dapat bekerja dengan Python dan merupakan kerangka kerja pengembangan web. Flask merupakan kumpulan pustaka dan modul. Kerangka kerja digunakan untuk mengembangkan platform web. Flask merupakan salah satu jenis kerangka kerja aplikasi web . Flask sepenuhnya ditulis dalam bahasa Python. Tidak seperti Django , Flask hanya ditulis dalam bahasa Python . Flask harus digunakan oleh pengguna baru . Flask lebih mudah digunakan. Flask hanya ditulis dalam bahasa Python, jadi sebelum menginstal Flask di komputer, Python harus diinstal terlebih dahulu.
Fitur Python Flask :
- Flask mudah digunakan dan mudah dipahami oleh pengguna baru di Web Framework.
- Ini juga dapat digunakan sebagai ekstensi plugin pihak ketiga apa pun.
- Ini juga digunakan untuk tujuan pembuatan prototipe.
Instal Lingkungan Virtual
Kami menggunakan modul bernama virtualenv yang merupakan alat untuk membuat lingkungan Python yang terisolasi. virtualenv membuat folder yang berisi semua executable yang diperlukan untuk menggunakan paket yang dibutuhkan proyek Python.
.
pip install virtualenv
.
Buat lingkungan virtual Python
Buka direktori lokal tempat Anda ingin membuat aplikasi Flask. Dalam hal ini kita akan memberinya nama project.
. virtualenv project
.
.
Aktifkan lingkungan virtual berdasarkan OS Anda
.
Untuk windows > project\Scripts\activate Untuk linux > source ./project/bin/activate
.
.
Instal Flask di Windows atau Linux
Langkah 1: Pastikan bahwa Python PIP telah terinstal di OS Anda. Anda dapat memeriksanya menggunakan perintah di bawah ini.
.
pip -V atau pip --version
.
Langkah 2: Pertama, buka command prompt dalam mode administrator. Kemudian jalankan perintah berikut. Perintah ini akan membantu menginstal Flask menggunakan Pip dalam Python dan akan memakan waktu yang sangat singkat untuk menginstalnya. Menurut konfigurasi mesin, versi Flask yang tepat harus diinstal. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai. Setelah proses selesai, Flask berhasil diselesaikan, pesan akan ditampilkan. Dengan demikian, Instalasi berhasil.
.
pip install flask pip install flask-restful
.
Instal Flask di Windows
Langkah 3: Setelah itu, dua perintah berikut juga harus dijalankan. Perintah ini akan memulai Flask di command prompt. Dengan demikian, proses selesai dengan sukses.
.
python import flask
.
.
Sekarang kita akan buat logika berfikirnya di kertas.
.
.
Kemudian kita terapkan di kode program
.
.
Hasilnya adalah sebagai berikut :
.
.
Github Private Access : https://github.com/whitecybercode/Kecerdasan-Buatan
NOTE : Saat ini Project dalam proses pengembangan oleh Team Whitecyber
Terimakasih kami ucapkan karena sudah membaca artikel ini sampai akhir. Mohon maaf apabila ada kalimat atau kata yang kurang berkenan dalam penulisan artikel. Jangan lupa untuk share dan merekomendasikan konten ini pada rekan-rekan disekitarmu agar mendapatkan manfaat yang sama. Apabila ada pertanyaan, silahkan tuliskan pertanyaan pada kolom komentar yang ada dibawah ini ya.
Jangan sungkan menghubungi kami kembali saat kakak membutuhkan yaa …
silahkan kakak bisa save nomer CS Whitecyber ini untuk order selanjutnya di bawah ini😊
[ORDER]
CS1 : 0857-8631-0890
CS2 : 0857-8631-0891
CS3 : 0895350190100
CS4 : 0895395299216
Sampai ketemu di pembahasan project kita selanjutnya !