Assalamualaikum temen-temen dan sahabat whitecyber … pada siang ini kita akan sedikit sharing tentang apa itu Salesforce Developer.
Kenapa Salesforce?
Di era disrupsi digital saat ini landscape seperti marketing, dan sales tentunya semakin berkembang menjadi lebih pesat. Dengan penggunaan Saleforce anda mampu mengoptimisasi aktivitas marketing maupun sales. Selain dilihat dari perubahan pola marketing dan sales secara annual, pandemi covid-19 pun memaksa perusahaan melakukan perubahan massif dibidang penjualan. Pemanfaatan teknologi Customer Relationship Management atau CRM pun semakin banyak digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan customer loyalty. Salah satu software yang banyak digunakan untk mengoptimisasi CRM adalah Salesforce. Oleh karenanya, artikel Kita kali ini akan memperkenalkan Salesforce lebih jauh, baik secara fungsi, serta implementasinya.
Salesforce Adalah
Salesforce adalah perusahaan perangkat lunak yang berasal dari Amerika Serikat tepatnya dari San Francisco, California. Sales force adalah aplikasi atau perangkat lunak berbasis cloud yang menyediakan layanan sistem CRM atau customer relationship management. Dengan menggunakan Salesforce perusahaan yang menggunakan sistem tersebut memungkinkan untuk melihat customer secara 360 derajat melalui sistem yang terintegrasi dengan berbagai macam layanan seperti Salesforce Sales Cloud, Service Cloud, hingga Marketing Cloud. Semua sistem layanan tersebut dapat diakses secara realtime dengan sistem automasi.
Manfaat Penggunaan Salesforce
Seperti fungsi software pada umumnya yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan, begitupun Salesforce. Salesforce CRM memberikan banyak sekali manfaat serta kegunaan, diantaranya adalah sebagai berikut :
- Optimisasi kualitas serta memperbaiki pengelolaan data pelanggan
Salah satu fungsi yang paling umum ditemui dalam sistem CRM adalah melakukan perbaikan terhadap pengelolaan data pelanggan, begitupun dengan Salesforce. Namun keunggulan Salesforce tak berhenti sampai di situ saja, Salesforce juga mampu diintegrasikan dengan berbagai macam perangkat lunak existing dari user seperti aplikasi ERP, hingga email marketing. - Meningkatkan layanan serta dukungan pelanggan secara real time
Kemajuan teknologi dan informasi menuntut layanan sebuah perusahaan terhadap customer menjadi lebih real time. Artinya ketersediaan data beserta resource nya pun harus mampu diakses secara cepat dimana pun dan kapan pun. - Salesforce memiliki layanan Service Cloud yang memungkinkan user seperti agent customer service untuk mengakses data customer secara lebih cepat sehingga kebutuhan customer dapat dipenuhi secara tepat sasaran.
- Mencari pelanggan baru dan mengelola customer existing
Perangkat lunak CRM saat ini telah memiliki berbagai macam layanan yang mudah untuk digunakan dan dapat dengan mudah diintegrasikan dengan perangkat lunak marketing.
Namun anda tak perlu kesulitan untuk melakukan integrasi. Hal ini karena Salesforce memiliki layanan Marketing Cloud yang dapat digunakan oleh marketing di perusahaan anda untuk membuat campaign yang tepat sasaran serta mengelola hubungan dengan pelanggan lama untuk meningkatkan brand loyalty.
.
.
Layanan yang disediakan Salesforce
Setelah anda mengetahui beberapa manfaat penggunaan Salesforce, anda tentunya ingin tahu apa saja layanan dari Salesforce, bukan? Berikut ini adalah beberapa layanan yang disediakan oleh Salesforce.
- Sales Cloud
Sales cloud adalah Salesforce platform yang memungkinkan anda untuk mengelola penjualan dengan dukungan data pelanggan yang saling terintegrasi. Layanan ini dalam platform CRM Salesforce mendukung berbagai macam jenis bisnis yang anda jalankan. Mulai dari B2B (Business to Business) maupun B2C (Business to Customer). Layanan ini dalam Salesforce juga mampu memberikan perkiraan atau forecast untuk keperluan perhitungan income perusahaan. Hal tersebut tentunya bermanfaat bagi para sales leader untuk meningkatkan produktivitas perusahaan serta meningkatkan kinerja tim sales. - Service Cloud
Layanan atau service berikutnya yang disediakan oleh Salesforce adalah Service Cloud. Layanan dalam Service Cloud memungkinkan perusahaan untuk manajemen hubungan pelanggan seperti pengelolaan data pelanggan, dan memberikan layanan serta dukungan terhadap pelanggan perusahaan anda. Tujuan dari penggunaan Service Cloud adalah meningkatkan pengalaman pelanggan sehingga perusahaan mampu meningkatkan customer retention rates. Service Cloud biasanya digunakan untuk divisi call center atau customer service secara umum. Keunggulan dari layanan ini adalah perusahaaan mampu mengaktifkan layanan customer service dalam bentuk omni channel. Artinya perusahaan mampu melakukan layanan customer service bukan hanya secara offline (by phone) namun dapat digunakan pula untuk melakukan layanan secara online yakni melalui social media maupun online chat. Hal ini membuat layanan yang diberikan oleh perusahaan menjadi lebih real time dengan tetap mengedepankan dukungan pelanggan serta akurasi. - Marketing Cloud
Menjadi platform crm nomor satu di dunia, Salesforce juga mengembangkan Marketing Cloud sebagai salah satu best selling service dengan dukungan sales force automation . Marketing Cloud dapat anda gunakan mulai dari strategi pemasaran yang dituangkan melalui Journey Builder, Email Studio, Social Studio, Advertising Studio dan lain sebagainya. Salesforce Marketing Cloud menjadi semakin kuat berkat adanya Einstein AI (Artificial Intelligence) yang tentunya tidak dimiliki oleh perangkat lunak CRM maupun marketing automation lain untuk meningkatkan produktivitas tim marketing secara akurat. Marketing cloud cocok untuk perusahaan yang basis operasionalnya masih cenderung konvensional dan ingin melakukan aktivasi digital marketing. Selain itu marketing cloud juga cocok untuk bisnis online yang dapat digunakan untuk segmentasi pasar agar strategi pemasaran lebih tepat sasaran sesuai kebutuhan customer secara lintas platform untuk membangun interaksi pelanggan melalui media sosial maupun email marketing.
Ketiga service atau layanan dari Salesforce tersebut adalah layanan yang cukup banyak diminati saat ini.
Selain ketiga service tersebut, Salesforce juga memiliki layanan lain seperti Community Cloud, Analytics Cloud dengan dukungan Tableu, serta Commerce Cloud yang dapat digunakan untuk bisnis online anda.
Yang kita siapkan adalah :
- Akun Salesforce Developer : https://developer.salesforce.com/signup
- IDE bisa menggunakan Visual Code atau bisa juga IntelliJ IDEA 2023.
- Install di Visual Code : Salesforce Extention Packed
- Intall di IntelliJ IDEA : IC2 ( Illuminated Cloud 2 ).
.
Langkah pertama adalah kita menyambungkan IDE kita dengan Salesforce :
.
.
Lalu bisa tekan Tombol OK > NEXT > NEXT dan OK.
Lalu tunggu hingga beberapa menit karena IDE sedang mempersiapkan semua File yang kita butuhkan.
.
.
Sebelum kita melangkah, kita harus jelaskan dulu bahasa pemprogramana apa yang dipakai oleh SALESFORCE ini ?
Apex Language ?
Apex adalah bahasa pemrograman berorientasi objek yang diketik dengan kuat yang memungkinkan pengembang untuk menjalankan pernyataan aliran dan kontrol transaksi di server Salesforce bersama dengan panggilan ke API. Menggunakan sintaks yang terlihat seperti Java dan bertindak seperti database yang disimpan prosedur, Apex memungkinkan pengembang untuk menambahkan logika bisnis ke sebagian besar peristiwa sistem, termasuk klik tombol, pembaruan catatan terkait, dan halaman Visualforce. Kode Apex dapat dimulai oleh Permintaan layanan web dan dari pemicu pada objek.
.
- Terintegrasi
- Apex menyediakan dukungan bawaan untuk idiom umum Lightning Platform, termasuk:
-
- Panggilan bahasa manipulasi data (DML), sepertiMENYISIPKAN,MEMPERBARUI, DanMENGHAPUS, itu termasuk bawaan Pengecualian Dmlpenanganan
- Bahasa Kueri Objek Salesforce Sebaris (SOQL) dan Objek Salesforce Kueri Bahasa Pencarian (SOSL) yang mengembalikan daftar catatan sObject
- Perulangan yang memungkinkan pemrosesan massal beberapa catatan sekaligus
- Mengunci sintaksis yang mencegah konflik pembaruan catatan
- Panggilan API publik khusus yang dapat dibuat dari metode Apex yang tersimpan
- Peringatan dan kesalahan dikeluarkan ketika pengguna mencoba mengedit atau menghapus kustom objek atau bidang yang direferensikan oleh Apex
- Mudah digunakan
- Apex didasarkan pada idiom Java yang familiar, seperti sintaks variabel dan ekspresi, sintaks blok dan pernyataan kondisional, sintaksis loop, notasi objek dan array. Saat Apex memperkenalkan elemen baru, ia menggunakan sintaksis dan semantik yang mudah untuk memahami dan mendorong penggunaan Lightning Platform secara efisien. Karena itu, Apex menghasilkan kode yang ringkas dan mudah ditulis.
- Fokus pada data
- Apex dirancang untuk menyatukan beberapa kueri dan pernyataan DML menjadi a satu unit kerja di server Salesforce. Pengembang menggunakan database yang disimpan prosedur untuk merangkai beberapa pernyataan transaksi pada database server dengan cara serupa. Seperti prosedur tersimpan database lainnya, Apex tidak mencoba memberikan dukungan umum untuk elemen rendering pada pengguna antarmuka.
- Keras
- Apex adalah bahasa yang diketik dengan kuat yang menggunakan referensi langsung ke objek skema seperti nama objek dan bidang. Gagal dengan cepat pada waktu kompilasi jika ada referensi tidak valid. Ini menyimpan semua bidang khusus, objek, dan kelas ketergantungan dalam metadata untuk memastikan bahwa mereka tidak dihapus saat diperlukan oleh kode Apex aktif.
- Dihosting
- Apex ditafsirkan, dijalankan, dan dikendalikan sepenuhnya oleh Lightning Platform.
- Sadar banyak penyewa
- Seperti Platform Lightning lainnya, Apex berjalan di lingkungan multi-penyewa. Jadi, mesin runtime Apex dirancang untuk melindungi secara ketat terhadap kode yang tidak dapat dijalankan, mencegahnya memonopoli sumber daya bersama. Kode apa pun yang melanggar batasan gagal dengan pesan kesalahan yang mudah dipahami.
- Mudah untuk diuji
- Apex menyediakan dukungan bawaan untuk pembuatan dan eksekusi pengujian unit. Itu termasuk hasil tes yang menunjukkan seberapa banyak kode yang dicakup, dan bagian mana dari Anda kode bisa lebih efisien. Salesforce memastikan bahwa semua kode Apex khusus berfungsi seperti yang diharapkan dengan menjalankan semua pengujian unit sebelum peningkatan platform apa pun.
- Berversi
- Anda dapat menyimpan kode Apex Anda pada versi API yang berbeda. Hal ini memungkinkan Anda untuk menjaga perilaku.
Apex disertakan dalam Edisi Kinerja, Edisi Tidak Terbatas, Edisi Pengembang, Perusahaan Edisi, dan Database.com.
.
Sekarang kita masuk ke Query, kita bisa menggunakan bawaan dari Salesforce. Pengembang sering kali perlu membaca data dari organisasi Salesforce. Salesforce menyediakan Salesforce Object Query Language (SOQL) yang dapat digunakan untuk membaca data dari Salesforce. SOQL mirip dengan bahasa SQL standar tetapi disesuaikan untuk Platform Salesforce. Pengembang menggunakan kueri SOQL di Apex.
SOQL membantu menjawab pertanyaan sederhana seperti “Siapa saja kontak untuk setiap akun?”, serta pertanyaan kompleks seperti “Kapan terakhir kali kami mengunjungi kontak utama dari akun penghasil pendapatan teratas, dan siapa yang kami kunjungi?” Memahami hubungan SOQL adalah kunci untuk membangun kueri SOQL yang melibatkan pembacaan data dari beberapa objek terkait dalam kode Apex.
Seperti ini :
.
.
To Be Continue …