Project Apartment Rent Services Apps Using – Salesforce

Assalamualaikum sahabat whitecyber  … pagi ini saya akan share Project Apartment Rent Service Apps menggunakan Salesforce. Dengan aplikasi ini maka Pemilik Usaha akan bisa mengelola banyak penyewa kos-kosan dengan lebih baik. Jika hanya 1 ada 10 ruang kos mungkin tidak membutuhkan aplikasi seperti ini, namun apabila Anda memiliki Apartement dan beriksi Ratusan orang penghuni kos, maka anda membutuhkan sistem penagihan dan pembuataan sistem seperti ini. Bukan hanya KOS-KOSAN, namun sistem ini bisa dipakai untuk apapun yang berhubungan dengan PERSEWAAN PROPERTY ( kamar, ruko, rumah, toko, tempat bermain, parkir, dan lain-lain ).

Terlebih dahulu kita semua harus mendaftarkan diri ke Salesforce.com di form developer.

.

.

Yang pertama kali kita lakukan untuk membangun : Property Management Applications adalah membuat BASIC MENU terlebih dahulu. 

  • Home
  • Contacts
  • Reports

.

Sekarang kita mulai buat Apps nya dengan ke 3 menu tersebut. Hasilnya adalah sebagai berikut :

.

.

Langkah selanjutnya adalah kita akan membuat OBJECT dari yang akan kita sewakan ini ( UNIT ) nya. maka terlebih dahulu kita siapkan dulu Detail dari Data dari Object tersebut :

Label dan Data Typenya

  1. Unit # Text, length 255
  2. Number of Bedrooms # Number 2,0 decimals
  3. Number of Bathrooms # Number 2,0 decimals
  4. Floors # Number 2,0 decimals
  5. Garage # Picklist : Attached, Detached, Assigned Parking
  6. Number of Parking Spaces # Number 2,0 decimals
  7. Laundry # Picklist : In-unit hook-ups, community
  8. Appliances Included # Checkbox
  9. Furniture Included # Checkbox
  10. Total Square feet # Number 15,3 decimals
  11. Air Conditioning # Picklist : Window Unit, Ceiling Fan, Central
  12. Pets Allowed # Checkbox
  13. Utilities Included # Multi-select picklist : Cold Water, Hot Water, Gas, Electric, Sewage, Trash 

.

Setelah kita susun objectnya maka akan terlihat sebagai berikut :

.

.

Sekarang kita lanjut ke tahap selanjutnya yaitu membuat SCHEMA BUILDER !

.

.

Sekarang kita akan membuat OBJECT ke 2 yang akan kita gunakan untuk menyimpan data detail. Objek khusus ini akan digunakan untuk menyimpan informasi spesifik untuk jangka waktu sewa, termasuk jumlah sewa yang disepakati, deposit dan saldo terkait dengan penyewa. Ketentuan dari Object ke dua tersebut sebagai berikut :

  1. Rental Unit # Master-Detail ( Rental Unit )
  2. Renter # Primary ( Master-Detail : Contact )
  3. Pet Deposit # Currency 16,2 Desimal
  4. Rental Has Pets # Checkbox
  5. Deposit # Currency 16,2 Desimal
  6. Rental Amount # Currency 16,2 Desimal
  7. Total Deposit # Formula, Currency 16,2 Desimal : Pet_Deposit_c + Deposit_c
  8. Total Invoice # Currency 16,3 Desimal
  9. Total Payments # Currency 16,2 Desimal
  10. Balance # Formula, Currency 16,2 Desimal : Total_Invoiced_c – Total_Payments_c

.

Sekarang kita akan membuat Building Schema.

.

.

Sekarang kita membuat OBJECT yang ke tiga yaitu tentang STATEMENT. Statement akan memuat faktur kami, atau dengan kata lain, jumlah yang kami harapkan dari penyewa untuk membayar properti sewaan ini, ditambah biaya tambahan apa pun yang timbul. Label yang akan kita buat untuk object Statement ini adalah :

  1. Amount # Currentcy 16,2 decimals
  2. Additional Fees # Currentcy 16,2 decimals, the default value is 0
  3. Total Amount # Formula, Currentcy 16,2 decimals : Amount_c + Additional_Fees_c
  4. Rental Agreement # Lookup, Rental Agreement
  5. Statement Date # Date, the devault value is Today()
  6. Due Date # Date, the devault value is Today() +15
  7. Status # Picklist : Issued, Paid, Past Due
  8. Amount Paid # Roll-up Summary : SUM (Payment: Amount), where status = Paid.

.

.

Sampai disini dulu, sharing kita kali ini. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *